Banyak yang Lupa, 5 Pemain Ini Turut Angkat Trofi UCL Bersama John Terry. Gimana Nasib Mereka Kini?
Ilustrasi (Istimewa/malangTODAY)

MALANGTODAY.NET – “Malam terbaik bagi klub kecintaan saya, dan saya tak mengambil peran di dalamnya,” John Terry, 2012.

Lebih dari sekedar skandal perselingkuhan dan insiden ‘menikung’ teman sendiri yang kerap menjadi cakrawala perjalanan karirnya, malam di tanggal 19 Mei 2012 menjadi malam paling ironis dalam kisah John Terry sebagai pemain sepak bola.

Bagaimana tidak, membela panji-panji Chelsea sejak belia, menjadi kapten dan nahkoda kapal tim asal London selama bertahun-bertahun sejak saat masih muda, hingga berakhir sebagai legenda, namun John Terry tidak dapat mengambil peran protagonis saat Chelsea melalui malam terindah dalam sejarah klub tersebut.

Ya, malam dimana klub London Biru mengangkat trofi Si Kuping Besar Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Di malam itu, John Terry harus tertunduk lesu karena menemani kawan-kawannya bertarung di laga final hanya dari bangku penonton saja. Ia tidak dapat diturunkan akibat mendapatkan kartu merah pada laga semi final melawan Barcelona.

Kepedihan John Terry begitu pilu karena selain dilarang bermain, UEFA juga melarangnya ikut merayakan upacara penyerahan piala pasca pertandingan. Terlalu emosional, John Terry pun memutuskan untuk melanggar keputusan UEFA tersebut dan bergabung bersama Frank Lampard mengangkat trofi Liga Champions pertama mereka.

Di sisi lain, sejatinya tak ada yang memfavoritkan Chelsea untuk menjadi juara pada malam itu. Bayern Muncih di atas kertas memang terlalu kuat dibandingkan skuad Chelsea yang harus tidak diperkuat beberapa pilarnya akibat absen. John Terry menjadi salah satunya.

Memperingati hari ulang tahun John Terry dan kesuksesan Chelsea merengkuh trofi UCL pertama mereka, berikut beberapa nama yang sukses membalikkan prediksi para pengamat dan ikut membantu JT26 mengangkat Si Kuping Besar. Para pemain ini perannya sering terlupakan dalam kesuksesan tersebut. Kira-kira, bagaimana kabar mereka sekarang?

Jose Bosingwa
Banyak yang Lupa, 5 Pemain Ini Turut Angkat Trofi UCL Bersama John Terry. Gimana Nasib Mereka Kini?
Jose Bosingwa bersama Si Kuping Besar @ Talksport

Jose Bosingwa cukup beruntung dapat bermain di Final UCL 2012. Pasalnya, selama semusim pemain kebangsaan Portugal ini lebih sering duduk di bangku cadangan. Branislav Ivanovic yang tak lain merupakan pilihan utama Chelsea di sisi kanan pertahanan harus terkena akumulasi kartu di laga final. Akhirnya pos bek kanan pun ditempati oleh Bosingwa.

Baca Juga  Chelsea Akan Kirim Suporter Bermasalah ke Kamp Pembantaian Nazi, PSSI?

Berhasil meraih medali juara UCL, ironisnya laga final itu sekaligus menjadi laga terakhir Jose Bosingwa di Chelsea. Terakhir Bosingwa tercatat bermain untuk klub asal Turki, Trabzonspor, sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun di tahun 2016 silam.

John Obi Mikel
Banyak yang Lupa, 5 Pemain Ini Turut Angkat Trofi UCL Bersama John Terry. Gimana Nasib Mereka Kini?
Aksi John Obi Mikel di final UCL 2012 @ Zimbio

Satu lagi salah seorang pemain yang mengalami nasib cukup beruntung seperti yang dirasakan oleh Jose Bosingwa. Sebelum akhirnya menjadi pemain penting yang turut mengantarkan Chelsea merengkuh trofi UCL pertama mereka, bahkan para penggemar klub London itu sendiri bingung dan penasaran bagaimana John Obi Mikel tetap berada di skuad dan tak kunjung dilepas walaupun terus memberikan kontribusi yang minim.

Di malam final itu, dua gelandang utama Chelsea Ramires dan Raul Meireles harus absen lantaran akumulasi kartu. Stok gelandang tengah yang dimiliki oleh pelatih Roberto Di Matteo pun semakin menipis. Akhirnya John Obi Mikel terpilih untuk mengawal kerja Frank Lampard dan Juan Mata di lapangan tengah.

Saat ini John Obi Mikel sedang menikmati ‘masa tuanya’ dengan bermain di Liga Super China bersama klub Tianjin TEDA.

Ryan Bertrand
Banyak yang Lupa, 5 Pemain Ini Turut Angkat Trofi UCL Bersama John Terry. Gimana Nasib Mereka Kini?
Ryan Bertrand di final UCL 2012 @ Zimbio

Mungkin kini banyak yang mengetahui bahwa Ryan Bertrand hanyalah seorang bek kiri andalan klub papan tengah Liga Inggris, Southampton. Namun, tak banyak juga yang ingat bahwa Ryan Bertrand memiliki satu gelar pemenang Liga Champions dalam CV-nya. Bahkan Gianluigi Buffon saja tidak memiliki catatan itu.

Pemilihan Ryan Bertrand yang turun sebagai starter di malam final itu memang sangat mengejutkan. Bagaimana tidak, pada edisi UCL 2012 itu, Ryan Bertrand belum sekalipun diturunkan di babak-babak sebelumnya hingga akhirnya tiba-tiba menjadi starter di laga final.

Karirnya konsisten sejak ia beralih posisi dari yang semula seorang winger kiri, kini menjadi bek kiri. Ryan Bertrand juga telah beberapa kali menjadi andalan tim nasional Inggris.

Michael Essien
Banyak yang Lupa, 5 Pemain Ini Turut Angkat Trofi UCL Bersama John Terry. Gimana Nasib Mereka Kini?
Michael Essien, Salomon Kalou, Florent Malouda, dan Didier Drogba merayakan kesuksesan juara UCL 2012 @ Ghanasoccernet

Tentu bagi pecinta sepak bola Indonesia, nama Michael Essien bukanlah nama yang asing. Pasalnya, gelandang bertahan yang meraih titel juara UCL bersama Chelsea ini terakhir tercatat bermain bersama salah satu klub sepak bola besar Indonesia, Persib Bandung. Untuk saat ini, Michael Essien sedang berstatus bebas transfer alias tidak memiliki klub. Kendati demikian, belum ada pernyataan jika dirinya telah pensiun dari dunia sepak bola.

Baca Juga  Babak 16 Besar Liga Champions Eropa Dimulai, Berikut Jadwal Lengkapnya

Di malam final UCL sendiri, Michael Essien harus rela posisi utama gelandang bertahan diberikan kepada John Obi Mikel. Kendati tak merumput barang semenit pun, toh Essien tetap larut dalam euforia kegembiraan setelah Chelsea sanggup menandaskan perlawanan Bayern Munich di final UCL 2012.

Daniel Sturridge
Banyak yang Lupa, 5 Pemain Ini Turut Angkat Trofi UCL Bersama John Terry. Gimana Nasib Mereka Kini?
Daniel Sturridge cium Si Kuping Besar @ Mirror

Sejak awal namanya dikenal publik, Daniel Sturridge tercatat telah membela tiga klub papan atas Liga Inggris. Manchester City, Chelsea, kemudian kini Liverpool menggunakan penyerang asli Inggris tersebut.

Namun badai cedera yang sepertinya tak kunjung berhenti membuat karir Sturridge kurang progresif. Karir sepak bola Sturridge sejauh ini lebih banyak berkutat di antara bangku cadangan dan pusat pemulihan cedera.

Kendati demikian, Daniel Sturridge juga salah satu pemain dengan gelar juara Liga Champions, lho! Di antara deretan striker mentereng Liverpool; Mohammed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Divock Origi, hanya Daniel Sturridge bersama dengan Xerdan Shaqiri yang pernah mencicipi rasanya memenangkan Si Kuping Besar.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.