Robby Darwis: Format Baru Piala AFF Memberikan Keuntungan Untuk Timnas
Robby Darwis @ Merdeka

MALANGTODAY.NET – Berbeda dengan 12 kali perhelatan sebelumnya, kali ini kompetisi sepakbola level Asia Tenggara, Piala AFF 2018 memiliki format baru. Federasi sepakbola Asia Tenggara menggelar turnamen tersebut dengan format home and away.

Bagi mantan bek tangguh timnas yang pernah menyumbangkan medali emas pada SEA Games tahun 1991 silam, Robby Darwis, perubahan yang ada tersebut menjadi keuntungan tersendiri untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga: Dilirik Tim Luar Negeri, Punggawa Timnas U-19 Ini Lebih Pilih Sekolah

Lantaran ketika main di kandang skuad Garuda akan mendapatkan dukungan penuh dari pada suporter fanatik mereka.

“Format AFF dirubah, itu kesempatan buat timnas, peluang kita lebih besar,” ujar Robby ketika ditemui awak media di Stadion Gajayana, Kota Malang, beberapa saat lalu.

“Berbeda seperti format yang ditetapkan seperti sebelumnya yaitu dengan home tournament, jadi menurut saya timnas memiliki peluang yang lebih besar,” tambahnya.

Baca Juga: Miris! Sejak Bobol Gawang Kurnia Meiga, Begini Nasib Striker Thailand

Lebih lanjut ketika ditanya mengenai tim lawan yang mengandalkan pelatih asing, Robby percaya bahwa baik buruknya permainan itu bukan hanya bersumber dari pelatih.

“Pelatih itu bukan materi, dan itu bukan jaminan bahwa performa itu bagus bagaimanapun kita harus masih tetap mengandalkan mental pemain,” paparnya.

Perlu diketahui jadwal Piala AFF 2018 untuk timnas Indonesia mulai bertanding hari ini, Jumat (09/11/2018). Indonesia mengawali turnamen ini dengan melakuakan pertandingan away ke Singapura.

Baca Juga: Euforia Piala AFF 2018, Jersey Timnas Malaysia Ternyata ‘Made in Indonesia’

Kemudian dilanjutkan dengan perjuangan menjamu Timor Leste pada, Selasa (13/11/2018), lalu ke Thailand, Sabtu (17/11/2018), dan ditutup pada babak penyisihan grup dengan menjamu Filipina pada, Minggu (25/ 11/ 2018) mendatang.


Reporter: Jazilatul Humda
Editor: Swara Mardika

Loading...