Sadis, Netizen Serang Kiper Timnas Indonesia Pasca Kalah dari UEA
Kiper timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa @Gila Bola

MALANGTODAY.NET – Tim nasional (timnas) Indonesia U-23 dipastikan gagal meraih medali di cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2018. Hal ini menyusul kekalahan mereka kala menjamu timnas Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (24/8). Timnas Garuda hanya mampu melaju hingga babak 16 besar.

Sebenarnya, permainan yang disuguhkan anak asuh Luis Milla tak buruk-buruk amat. Dua kali tertinggal, dua kali pula mereka berhasil menyamakan angka. Saking sengitnya, pertandingan dilanjutkan hingga babak adu pinalti.

Baca Juga: Akibat Pembeli Ceroboh, SPBU di Kasembon Terbakar Hebat

Seusai laga, beberapa nama menjadi sorotan. Salah satunya adalah Luis Milla yang kemungkinan besar kontraknya tidak diperpanjang karena gagal memenuhi ekspektasi PSSI. Namun satu nama yang menuai banyak kritik tajam adalah penjaga gawang timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa.

Andritany sebenarnya menunjukkan penampilan apik. Beberapa kali ia berhasil mengamankan gawangnya, bahkan hingga harus keluar dari sarangnya sekalipun. Namun demikian, kegagalannya mengantisipasi dua eksekusi pinalti UEA di waktu normal ditambah ketidakmampuannya menahan satu pun eksekutor UEA di babak tos-tosan menjadikan dirinya sasaran empuk komentar netizen Indonesia.

Akibat penampilannya malam itu, netizen ramai-ramai menyerbu akun Instagram kiper Persija Jakarta tersebut @andritany. Dalam foto yang diunggahnya 2 hari yang lalu, warganet yang kecewa menggeruduk habis-habisan kolom komentar unggahan Andritany bersama 3 pemain timnas lainnya, yaitu Febri Hariadi, Irfan Jaya, dan Hanif Sjahbandi.

Baca Juga: Sulit Ngomong Bahasa Inggris Bukan Berarti Bodoh. Ini Sebabnya!

Andritany bukanlah satu-satunya sasaran amukan netizen Indonesia yang sadis itu. Beberapa punggawa timnas turut mendapatkan serangan serupa dengan Andritany. Beberapa di antaranya adalah Septian David Maulana dan Saddil Ramdani yang mana keduanya gagal menjalankan tugaskan sebagai eksekutor pinalti.

Kuasai Laga Walau Kalah
Kuasai Laga Walau Kalah
Aksi Stefano Lilipaly (tengah) saat Indonesia menjamu UAE @Goal

Secara permainan, tim Garuda mendominasi sepanjang jalannya pertandingan. Dilansir dari Lab Bola, Indonesia mencatatkan keunggulan penguasaan bola sebesar 61 persen, unggul jauh dari UEA yang mencatatkan penguasaan bola 39 persen.

Hansamu dkk juga mengungguli UEA dalam hal shots on target dan akurasi passing. Mereka mencatatkan 7 tendangan mengarah ke gawang lawan berbanding 4 milik tim Timur Tengah itu sekaligus mencatatkan akurasi umpan sebesar 81 persen.

Namun dominasi di atas lapangan bukan berarti jaminan kemenangan. Timnas Garuda tertinggal dua gol penalti dan hanya mampu membalasnya lewat lesakan Beto Goncalves dan Stefano Lilipaly. Di babak pinalti, mereka takluk 3-4 dari UEA.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar

Loading...