Selalu ‘Hampir’, Mari Kita Sebut Liverpool Tim ‘Nyaris’!
Liverpool @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Tepat hari ini, salah satu klub sepak bola Inggris, Liverpool, merayakan hari jadinya ke 127 tahun. Klub yang berdiri pada 3 Juni 1892 ini didirikan oleh John Houlding, pria pemilik Stadion Anfield yang kemudian menjabat sebagai presiden pertama tim.

Usia lebih dari satu abad plus predikat sebagai salah satu klub tersukses di Inggris tentunya membuktikan capaian gelar Liverpool yang melimpah. 18 gelar juara liga dan 5 trofi Liga Champions sudah sangat menjelaskan hal itu. Belum lagi Piala UEFA (3), Piala FA (7), Piala Liga (8) dan lain-lain.

Baca Juga  4 Klub Asia Paling Populer di Media Sosial, No. 1 dari Indonesia!
Selalu ‘Hampir’, Mari Kita Sebut Liverpool Tim ‘Nyaris’!
Liverpool juara Liga Champions @These Football Times

Namun memasuki abad ke-21, performa The Reds mulai menurun. Bahkan, gelar Premier League sudah tak mampir ke Anfield selama 29 tahun lamanya. Gelar Liga Champions terakhir datang dari Istanbul saat Steven Gerrard dkk secara dramatis membalikkan kedudukan yang kemudian dikenal publik The Miracle of Istanbul. Memasuki dekade kedua di abad 2000, tak ada sekalipun gelar datang.

Malah di periode tersebut hingga akhir dekade, Liverpool beberapa kali menyandang status sebagai tim yang hampir juara. Pada musim 2013/14, insiden Gerrard terpeleset menjadi momentum sakral yang menyebabkan The Reds disalip oleh Manchester City di pekan-pekan terakhir.

Selalu ‘Hampir’, Mari Kita Sebut Liverpool Tim ‘Nyaris’!
Mo Salah (kanan) berduel dengan Sergio Ramos @ESPN

Di kompetisi Eropa juga sama. Liverpool pada musim 2015/16 berhasil masuk final Liga Europa sebelum akhirnya takluk dari Sevilla dengan skor 1-3. Selang dua musim kemudian, Merseyside Merah secara mengejutkan menantang Real Madrid di final Liga Champions musim 2017/18. Namun sayang, Mo Salah dkk takluk 1-3 dari juara bertahan.

Baca Juga  Insiden Dili, Mengenang Kebiadaban Indonesia di Timor Leste

Selain itu, keputusan mengontrak pelatih asal Jerman, Juergen Klopp, memang dinilai bagus dan memberi dampak luar biasa bagi Liverpool. Namun sayangnya, mantan pelatih Borussia Dortmund itu adalah arsitek yang menukangi The Reds saat kalah dua kali di final. Predikat Mr Runner up bahkan sudah melekat padanya sejak di Dortmund.

Jadi, mari kita sebut Liverpool tim ‘nyaris’ di dekade ini! (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.