4 Kejadian Klenik di Sepak Bola Indonesia, Libatkan Klub Papan Atas!
Ilustrasi hal klenik di sepak bola @Best Betting Sites

MALANGTODAY.NET – Tak bisa dipungkiri, sepak bola merupakan olahraga yang paling digandrungi di seluruh alam semesta. Pertandingan yang mengadu strategi, fisik, dan skill satu sama lain menjadi tontonan menyenangkan bagi penggemarnya.

Euforia serupa turut terjadi di Indonesia. Meski tak memiliki prestasi membanggakan di level internasional, namun fanatisme masyarakat Indonesia terhadap sepak bola tak perlu dipertanyakan lagi. Beberapa klub profesional dunia yang pernah mampir ke tanah air mengakui betapa dahsyatnya animo suporter sepak bola tanah air.

Namun perlu diketahui, sepak bola Indonesia ternyata juga berkaitan dengan hal-hal yang berbau mistis. Hal tersebut tentunya menjadi hal yang lumrah mengingat sebagian masyarakat tanah air masih mempercayai hal yang berbau klenik, mistis, dan sesuatu yang berada di luar ‘nalar’. Seperti apa penerapan klenik-klenik di lapangan sepak bola nasional? Berikut ulasannya dilansir dari Boombastis.

Kencing Menangkan Persib

Persib Bandung di era 1960-an mungkin menjadi salah satu peristiwa yang tak akan dilupakan oleh bobotoh. Pasalnya, saat Maung Bandung menghadapi tim asal Bogor, para pemain kesulitan untuk mencetak gol walaupun banyak peluang tercipta. Di luar perkiraan, ada kejadian saat tiga sudut penjuru lapangan disiram air kencing. Tak lama, Persib akhirnya mampu mencetak gol kemenangan!

Ritual Pakatang ala Maluku Utara

Tim-tim asal Maluku Utara umumnya mempercayai adanya ritual yang harus dilakukan saat hendak masuk ke lapangan hijau. Ritual Pakatang dinilai sangat wajib untuk dilakukan karena sudah menjadi tradisi sejak zaman perang dulu. Mereka akan memakai baju sama dengan ikat kepala, berjejer rapi dan didoakan oleh tetua. Sampai-sampai mereka percaya Pakatang ketimbang taktik tim.

Telur di Gawang

Pada musim 1994/95, Persib menghadapi Barito Putera di semifinal Galatama. Klub asal Bandung itu beberapa kali gagal mencetak gol meski mendapatkan banyak kesempatan. Hingga akhirnya, salah seroang pemain Persib bernama Sutiono menemukan telur di gawang Barito lalu membuangnya. Percaya tidak percaya, gawang Barito akhirnya jebol juga.

Darah Ayam Cemani

Lagi-lagi Persib! Mantan punggawa Maung Bandung bernama Emen Suwarman mengaku pernah melakukan hal mistis saat pertandingan. Pilar Persib di era 1960-an itu menyebut pernah mengonsumsi darah ayam cemani dari orang pintar guna meningkatkan keberanian dan menyembuhkan cederanya. Mantap nggak tuh! (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.