Indra Sjafri
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri blusukan ke Kabupaten Ngada untuk menyeleksi calon pemain @MalangTODAY/istimewa

MALANGTODAY.NET – Pelatih Sepak Bola Tim Nasional U-19, Indra Sjafri rela blusukan ke daerah Flores hanya untuk mencari benih-benih berbakat yang akan diproyeksikan sebagai skuad inti Timnas U-19.

Mantan pelatih Bali United ini pun harus ‘turun gunung’ hingga masuk ke wilayah Kabupaten Ngada, Pulau Flores. “Saya sengaja ke Ngada, karena waktu seleksi di Atambua beberapa waktu lalu, para pemain ini tidak bisa ikut karena alasan cuaca buruk,” kata pria yang biasa dipanggil Indra ini.

“Selama ini potensi pemain-pemain NTT khususnya di Pulau Flores tidak bisa berkembang dengan baik, karena tidak ada yang melihat dan melatihnya secara baik,” ujar Indra.

Menurut pria kelahiran Pesisir Selatan ini, potensi dan bakat para pemain di Flores, Nusa Tengara Timur tidak kalah dengan para pemain dari Pulau Jawa, dan daerah lainnya di Indonesia.

“Karena itu, saya ke daerah ini, ingin melihat langsung potensi yang dimiliki oleh generasi muda kita agar siapa tahu ada yang bisa masuk skuaT Timnas U-19. Apalagi kedatangan saya ke sini memenuhi janji saya saat berada di Atambua,” imbuh pria usia 54 tahun tersebut.

Alasannya menjadikan NTT sebagai daerah tujuan pertama dalam proses seleksi pemain Timnas U-19, karena menurutnya pemain-pemain NTT layak untuk diperhitungkan setelah muncul Yabes Roni Malaifani , Aslan Sanda dan beberapa pemain lain yang kini telah berada di skuat Bali United.

Sebelumnya, dia telah menyeleksi kurang lebih 35 pemain asal NTT di Kota Atambua, Kabupaten Belu, dan dari hasil seleksi tersebut ada enam pemain asal NTT yang diboyong dan masuk dalam seleksi tahap pertama Timnas U-19. Namun dari enam nama tersebut tak ada satu pun perwakilan dari NTT.

Menurutnya, untuk masuk dalam skuad Garuda Muda adalah hak dan kewajiban para pemain sepak bola, namun tentu harus dilakukan seleksi yang ketat untuk mendapatkan yang terbaik dari yang terbaik.(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here