Terlalu Tangguh, Ilmuwan Klaim Bisa Ciptakan Kembaran Messi!
Lionel Messi (kanan) dan orang yang mirip dengannya @The Sun

MALANGTODAY.NET – Ketangguhan Lionel Messi di atas lapangan bukan suatu rahasia lagi. Predikat pemain terbaik dunia beberapa kali disematkan padanya karena penampilan memukaunya saat membela Barcelona maupun Argentina. Meski demikian, seorang ilmuwan asal Spanyol menyebut dirinya bisa mengkloning pemain berjuluk La Pulga itu. Sungguh?

Dilansir dari DetikSport, Kamis (21/3/2019), ahli genetika European Genoime Archive bernama Arcadi Navarro yang mencetuskan ide melakukan kloning terhadap Messi. Ia yakin bahwa kemajuan teknologi saat ini memungkinkan hal itu bisa terjadi. Ia juga menyebut bahwa hasil kloningan itu bakal menyerupai kembaran pemain Argentina itu.

“Kami bisa mendapatkan pemain yang sangat mirip dengan Messi. Kami bisa mengkloningnya dengan teknik saat ini dan mendapatkan sesuatu yang terlihat seperti kembarannya,” tutur Navarro.

Meski demikian, Navarro menjelaskan bahwa ada kemungkinan perbedaan kualitas permainan yang dimiliki oleh Messi asli dan kloningannya. Pasalnya, kemampuan yang dimiliki oleh kapten timnas Argentina itu diperoleh dari faktor eksternal berupa kerja keras, bukan karena faktoir gen.

“Genetika memberi kita ruang lingkup. Orang ini bisa memiliki potensi yang sama dengan Messi, tetapi pada akhirnya kualitas sepakbola Messi memiliki dua komponen. Satu sangat jelas dan bersifat genetik dan yang lainnya bersifat terdidik, tidak langsung, dan lingkungan. Messi adalah Messi, bukan siapa dia hanya karena genetikanya,” tambahnya.

Messi sendiri memang tidak perlu diragukan kemampuannya. Pemain yang dijuluki titisan Diego Maradona itu telah menghasilkan ratusan gol dan puluhan trofi, baik di klub maupun perolehan individu. Membayangkan memiliki Lionel Messi lebih dari satu sepertinya akan ‘menyenangkan’. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.