Legenda Jerman Tuding Guardiola Biang Keladi Kehancuran Timnas Jerman
Timnas Jerman saat tunduk dari Korea Selatan di Piala Dunia 2018 @The Australian

MALANGTODAY.NET – Tim nasional (timnas) Jerman belakangan ini makin disorot. Bukan karena prestasi, namun karena jebloknya penampilan tim berjuluk Der Panzer ini saat berlaga di pentas internasional. Mantan bek timnas, Hans-Pieter Briegel, menuding mantan pelatih Bayern Munich, Pep Guardiola, sebagai biang keladi di balik jebloknya penampilan Toni Kroos dkk.

Dilansir dari FourFourTwo, Briegel menilai filosofi sepak bola yang diusung Guardiola saat menukangi Bayern Munich periode 2013 – 2016 secara tidak langsung mengubah mentalitas sepak bola Jerman. Mantan pelatih Barcelona itu memang menekankan pada penguasan bola demi memenangi pertandingan.

Baca Juga: Ogah Gabung Barcelona, Griezmann: Saya Gak Mau Jadi Pelayan Messi!

“Prinsip yang sangat sederhana luput dari pikiran kita: Bahwa dalam sepak bola hasil lebih penting dari mengontrol pertandingan. Sejak Guardiola tiba di bayern Munich, sesuatu telah berubah.” tegas Briegel.

Briegel yang membela Der Panzer saat masih bernama Jerman Barat ini membandingkannya dengan juara dunia 2018, Perancis. Tim berjuluk Les Bleus ini mampu memenangkan Piala Dunia dengan menyerahkan penguasana bola kepada lawan.

Baca Juga: Pemilik MU Temui Keluarga Raja Arab, Bakal Segera Ganti Pemilik?

“Sejarah terkini, dan juga dengan juara dunia Perancis, telah menunjukkan bahwa Anda juga bisa menang dengan memberikan bola kepada lawan dan memilikinya kurang dari 50 persen,” lanjutnya.

Entah ada hubungannya atau tidak, namun filosofi Guardiola ini menular ke permainan timnas Jerman. Dalam enam pertandingan kompetitif di 2018, anak asuh Joachim Low lebih banyak menguasai bola. Bahkan saat kalah memalukan dari Korea Selatan di Piala Dunia Rusia silam.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...