Dilarang FIFA Bela Indonesia, Ezra Walian: Garuda di Dadaku!
Ezra Walian @Goal

MALANGTODAY.NET – Polemik terkait status Ezra Walian di Timnas Indonesia akhirnya menemukan titik terang. FIFA selaku otoritas tertinggi sepak bola dunia telah resmi melarang pemain berdarah Belanda – Indonesia membela Timnas Garuda. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa ia pernah membela Timnas Belanda U-17 di Piala Eropa U-17.

Dilansir dari Kompas, Jumat (22/3/2019), keputusan ini membuat Ezra tak bisa turut berjuang bersama dengan skuad asuhan Indra Sjafri itu di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Vietnam. Meski dilarang, namun pemain yang kini membela RKJ Waalwijk itu menegaskan akan tetap menetap di Vietnam dan mendukung timnya dari tribun penonton.

“Saya sebenarnya sangat sedih, Tapi, saya memutuskan untuk tetap setia dan tinggal bersama tim di Vietnam hingga kualifikasi selesai. Saya akan menjadi pemain ke-12 di tribune, dan berteriak menyemangati kalian. Semangat Timnas! Kalahkan mereka semua, Aku yakin kita bisa dan lolos. Garuda didadaku!” tulis Ezra dalam akun Instagram-nya @ezrawalian.

Dalam peraturan FIFA, dijelaskan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti sehingga ia diperkenankan membela negara lain dalam laga internasional. Namun hal itu diperbolehkan dengan syarat pemain yang bersangkutan tak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya.

Hal ini yang kemudian membuat Ezra dilarang bermain untuk Indonesia. Jika pemain yang bersangkutan telah bermain bersama asosiasi sebelumnya, maka pemain tersebut tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya. Termasuk jika pemain tersebut hanya bermain sebatas sebagai pengganti.

“Berdasarkan data dari dokumen yang kami terima, Ezra Walian tidak berhak meminta berpindah asosiasi karena dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi sebagai perwakilan Belanda,” demikian isi surat FIFA yang dikirimkan ke PSSI yang ditandatangani oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players’ Status, Erika Montemor Ferreira. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.