6 Fakta Menarik Piala Gubernur Kaltim Jilid II, No. 3 Bikin Ngiler
Piala Gubernur Kaltim (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Turnamen pra-musim Piala Gubernur Kalimantan Timur 2018 akan digelar mulai 23 Februari hingga 4 Maret mendatang.

Turnamen bergengsi itu akan menjadi ajang pemanasan klub-klub sebelum mengarungi kompetisi Liga 1 2018. Ada 8 klub elite Indonesia yang sudah dipastikan berpartisipasi dalam Piala Gubernur Kaltim kali ini.

Kedelapan klub tersebut diantaranya, Pusamania Borneo FC, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, Arema FC, Persebaya Surabaya, Madura United, Sriwijaya FC dan PSIS Semarang.

Baca juga: Inilah 10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Nomor 4 Paling Kece!

Pada turnamen kali ini akan dibaga dalam tiga babak. Pertama penyisihan, kedelapan tim dibagi dalam dua grup, juara grup dan runner-up akan melaju ke babak semifinal dan terakhir adalah babak final.

Ada sejumlah data dan fakta menarik yang mengiringi perhelatan Piala Gubernur Kaltim kali ini. Berikut ini data dan fakta Piala Gubernur Kaltim seperti dirangkum MalangTODAY;

1. Dua Kali Jadwal Mundur

Awalnya, Piala Gubernur Kaltim akan digelar pada 8-16 Februari, namun karena berbagai kendala akhirnya diundur menjadi 18-26 Februari.

Namun, jadwal kedua yang ditetapkan itu kembali dirubah terkait adanya perubahan kick off Liga 1. Akhirnya, dipastikan Piala Gubernur Kaltim digelar 23 Februari hingga 4 Maret.

Baca juga: Viral Video Pelakor, Ini Nasehat Hotman Paris yang Bikin Mak Jleb!

2. Pertama Digelar 2016

Turnamen ini pertama kali digelar pada 2016 lalu. Saat itu, tim tuan rumah, Pusamania Borneo FC keluar sebagai juara setelah mengalahkan Madura United di babak final dengan skor 1-0.

3. Bertabur Hadiah

Panitia penyelanggara telah menyiapkan hadiah besar bagi pemenang Piala Gubernur Kaltim 2018. Tidak hanya juara umum, bahkan ada kompensasi bagi tim yang kalah di babak penyisihan sekalipun.

Juara 1 pada turnamen ini diganjar hadiah 1 miliar, Juara 2 750 juta, Juara 3 500 juta dan Juara 4 250 juta. Kompensasi per pertandingan juga tidak kalah menggiurkan, tim yang menang dalam waktu normal akan diberi 125 juta sementara yang kalah 75 juta.

Bagi tim yang menang hingga adu pinalti akan diganjar 110 juta dan yang kalah 90 juta. Selain itu, pemain terbaik akan diberi bonus 150 juta, pencetak gol terbanyak 100 juta dan pemain muda terbaik 75 juta.

4. Tiga Stadion Terbaik

Dalam pagelaran Piala Gubernur Kaltim kali ini akan menggunakan 3 venue pertandingan. Stadion Palaran Samarinda menjadi venue pembuka dan penutup.

Sementara Stadion Segiri Samarinda dan Stadion Batakan Balikpapan akan menjadi venue pertandingan penyisihan grup.

5. Klub-klub Berguguran

Sebelum dipastikan digelar, sejumlah klub Liga 1 sempat digadang-gadang akan berpartisipasi dalam turnamen ini. Namun seiring berjalannya waktu, klub seperti Persib Bandung dan Persija Jakarta gagal berpartisipasi.

Baca juga: Ternyata, Ini Lho Besarnya Pendapatan Fantastis Vicky Prasetyo!

Terbaru, Bali United mundur dan digantikan oleh PSIS Semarang. Padahal, mundurnya Serdadu Tridatu itu setelah panitia penyelanggara melakukan drawing grup.

6. Ajang Pelampiasan

Turnamen Piala Gubernur Kaltim bisa dibilang sebagai ajang pelampiasan bagi sejumlah klub yang gagal di Piala Presiden 2018 lalu.

Loading...