Asian Games Usai, Mungkinkah Atlet Jadi Bintang Iklan So... Ah Sudahlah
Penutupan Asian Games 2018, ada cerita apa pasca itu? @Tribun News

MALANGTODAY.NET – Gelaran Asian Games 2018 yang baru saja usai digelar menghadirkan cerita-cerita tersendiri. Entah dari acaranya, prestasinya, hingga atlet-atlet yang mencuri perhatian lewat penampilan fisiknya. Banyak publik menilai bahwa Indonesia berhasil menjadi tuan rumah Asian Games, walau tak sedikit yang menuding hal sebaliknya.

Namun Asian Games 2018 tak jauh berbeda dengan pesta olahraga yang sudah pernah terlaksana sebelumnya. Banyak hal-hal baru, hal yang biasa terjadi, hingga hal-hal ‘lumrah’ yang terjadi pasca helatan besar yang menyedot animo masyarakat Indonesia. Hal yang membuat masyarakat berbeda hingga 180 derajat, akan kembali menjadi sedia kala.

Baca Juga: Rahim Anget, Ini Dia Selebrasi Paling Ikonik di Asian Games 2018!

Pasca Asian Games, apa yang akan terjadi di Indonesia? Berikut prediksinya!

Cuma Sebentar Nasionalis, Besok Udah Ngeluh Lagi
Cuma Sebentar Nasionalis, Besok Udah Ngeluh Lagi
Nasionalis musiman @YouTube

Bukan rahasia bahwa masyarakat Indonesia dewasa ini hanya bisa disatukan dengan olah raga. Termasuk halnya Asian Games yang tak lepas dari dukungan masyarakat Indonesia. Mereka mendadak nasionalis hanya karena mendukung atlet Indonesia berlaga. Padahal kesehariannya, mereka tak lepas dari ucapan berbau SARA, menghujat pemerintah, bahkan mengeluhkan bangsanya sendiri tanpa menyadari bahwa dirinya juga bagian dari bangsa.

Idola Baru Bermunculan
Idola Baru Bermunculan
Aqsa Sutan Aswar @Faktual News

Satu nilai positif adalah munculnya idola-idola baru tanah air. Jika sebelumnya hanya olahraga sepak bola dan badminton saja yang sering dipuja, namun kini bukan tidak mungkin mereka mengidolai atlet pencak silat seperti Hanifan, atlet jetski layaknya Aqsa dan Aero, hingga atlet sepak takraw seperti Mas Ipul.

Orang Sok Tahu Merajalela
Orang Sok Tahu Merajalela
Biasanya orang sok tahu merajalela @Average Joes

Nah yang ini sering sekali muncul mendadak seolah ia paling tahu segalanya tentang olahraga. Biasanya tipikal orang seperti ini pada saat pertandingan sering muncul dengan berbagai komentar dan analisis-analisisnya yang sebelumnya ia baca dari situs online. Setelah pesta olahraga usai, ia mendadak menjadi yang paling tahu dan menilai beberapa hal yang jadi sorotan. Mulai dari berandai-andai, kontroversi atlet, dihubung-hubungkan dengan politik, hingga mungkin hubungan Asian Games dengan teori bumi datar.

Atlet Jadi Artis Dadakan
Atlet Jadi Artis Dadakan
Atlet mendadak jadi artis @Harian 10

Yang satu ini sering menimpa para atlet. Mereka akan mendadak terkenal dan mulai rutin keluar masuk TV. Entah itu bintang tamu di acara talkshow, gosip kedekatannya dengan salah satu artis Indonesia, hingga mungkin panggilan main film seperti Iko Uwais dan Joe Taslim. Atau mungkin, jadi bintang iklan So… ah sudahlah.

Baca Juga: Aneh Banget! Dikira Piala, Anies Baswedan Cium Obor Asian Games. Apa Gak Panas?

Asa Baru Bangsa Indonesia
Asa Baru Bangsa Indonesia
Mimpi jadi tuan rumah olimpiade? @Wired

Dengan keberhasilan Asian Games 2018, hal ini tak menutup kemungkinan Indonesia akan mengadakan pesta olah raga lainnya yang lebih besar. Sesaat setelah pesta olahraga terbesar Asia ini, banyak pihak yang menyuarakan bahwa Indonesia memiliki kapasitas untuk menyelenggarakan Olimpiade hingga Piala Dunia. Ok mantap!


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar

Loading...