Diabetes dan Ekonomi Terpuruk, Zumi Zola Nangis Minta Hukuman Ringan
Gubernur Jambi non aktif tersangka korupsi, Zumi Zola @The Jakarta Post

MALANGTODAY.NET – Gubernur Jambi yang kini dinonaktifkan, Zumi Zola Zulkifli dihadapkan pada kondisi yang makin pelik. Setelah tersandung kasus korupsi, ia juga mengaku sedang berada dalam kondisi ekonomi yang makin terpuruk. Di samping itu, ia juga sedang menderita diabetes dan membutuhkan banyak biaya untuk perawatannya.

Dalam pembacaan pledoinya di Pengadilan Tipikor Jakarta, ia tak kuasa menahan air mata sambil memohon kepada majelis hakim agar tidak memberikan hukuman yang berat. Zumi juga mengaku memikirkan nasib istri dan kedua buah hatinya yang masih anak-anak.

Baca Juga: Rusak Lapak Pedagang Buah, 2 Preman di Singosari Diringkus Polisi

“Kehidupan dalam tahanan tidak terebrsit sedikit pun di mata saya dan kepala saya. Waktu itu saya langsung tertuju pada istri, anak, dan keluarga saya; Saya memohon agar mendapatkan hukuman seringan-ringannya dan tuntutan denda yang dijatuhkan rendah karena ekonomi saya sudah terpuruk,” terang Zumi dilansir dari Detik.com, Kamis (22/11/2018).

Zumi sendiri dituntut oleh jaksa KPK dengan tuntutan yang tak main-main. Lembaga Anti Rasuah itu menuntut pemeran sinetron Culunnya Pacarku ini dengan pidana penjara selama 8 tahun dan denda Rp 1 miliar. Hal ini mengacu pada dua perbuatan pidana, yaitu menerima gratifikasi dan memberi suap.

Baca Juga: Kampanye Rasa Lebaran! Setelah Warga Boyolali, Kini Prabowo Dituntut Minta Maaf Oleh Kelompok Tukang Ojek

Meski mengakui kesalahannya, namun Zumi tetap berkilah bahwa apa yang dilakukannya adalah buah dari strategi salah satu anggota tim pemenangannya, Apif Firmansyah. Ia dan Apif sudah bekerja sama dengan sejak awal Pilkada Jambi. Ia tak menyangka strategi tersebut berbuah menjadi bumerang untuknya.

Imbasnya, Zumi dituntut untuk balas budi dengan banyak orang yang mengaku-ngaku sebagai tim sukses maupun keluarga. Balas budi itu berupa kemudahan pengerjaan proyek hingga pengesahan APBD. “Ternyata apa yang saya dan staf saya untuk mencegah adanya permintaan tidak berhasil,” tandas Zumi.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...