Suasana pengundian nomor urut di KPU@Garin Gustavian/kumparan

MALANGTODAY.NET– Pemilihan umum legislatif (Pileg) 2019 sudah didepan mata. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) telah mempersiapkan berbagai tahapan untuk menyambut ajang pesta demokrasi lima tahunan itu.

Termasuk dalam persiapannya ialah pengumuman nomor urut partai politik yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta Pileg 2029. Minggu (18/2) kemarin, KPU RI telah mengumumkan nomor urut tersebut, dari 16 parpol yang mendaftar terdapat 2 parpol yang tidak lolos dan 14 parpol dinyatakan lolos dalam verifikasi faktual.

Baca juga: Dilarang Paspampres Serahkan Piala Presiden, Anies Baswedan Ngambek

Ketua KPU RI Arief Budiman menjelaskan jika penetapan nomor parpol dalam ajang Pileg 2019 merupakan hal yang sudah bagian serta diatur dalam Undang-undang yang ada. Selain itu, Arief menebut jika dalam Pileg tahun depan akan ada 14 parpol nasional dan 4 parpol lokal yang menjadi peserta Pileg 2019.

“Ini sebagai bagian dari ketentuan Undang-Undang, KPU melakukan pengundian dan penetapan nomor urut untuk 14 parpol nasional dan 4 parpol lokal,” ucap Arief seperti MalangTODAY kutip dari laman kumparan.com, Senin (19/2).

Dalam Pileg 2019 tampak wajah-wajah lama parpol masih menghiasi, sebut saja seperti Golkar, PKB, Gerindra dan masih banyak lagi tentunya. Namun, terdapat juga partai baru juga ikut memeriahkan Pileg 2019, sebut saja Partai Berkarya yang merupakan parpol inisiasi putra Presiden kedua Republik Indonesia, Tommy Soeharto.

Tampak pentolan-pentolan dari parpol peserta Pileg 2019 hadir dalam acara pengundian nomor urut, seperti Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Partai Berkarya Tommy Soeharto, dan Ketum PSI Grace Natalie.

Indografis parpol peserta plileg 2019@CNN

Baca juga: Viral! Baju Koko Black Panther Beredar di Toko Online

Berikut nomor urut partai yang akan ikut dalam perhelatan Pileg 2019:

  1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
  4. Partai Golongan Karya (Golkar)
  5. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
  6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)
  7. Partai Berkarya
  8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  9. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
  10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
  12. Partai Amanat Nasional (PAN)
  13. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  14. Partai Demokrat
Loading...