Sejumlah Napi di Lapas Ini Mampu Rakit Solar Cell Pembangkit Listrik Tenaga Surya
ilustrasi solar cells @digital trends

MALANGTODAY.NET – Sebuah kebanggan tersendiri bagi penghuni Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sejumlah narapidana yang sedang menjalani hukuman di Lapas tersebut berhasil merakit solar cell untuk pembangkit listrik tenaga surya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kupang, Syarif Hidayat mengatakan para napi itu sudah memroduksi beberapa unit solar cell dengan hasil yang sangat mengembirakan untuk pemakain di Lapas Kupang.

“Sejumlah napi di Lapas Kupang ini sudah bisa merakit solar cell untuk pembangkit listrik tenaga surya. Setelah melalui proses pendampingan oleh salah seorang tenaga teknis yang juga seorang napi yang memiliki keahlian dalam pembuatan solar cell ternyata napi di Lapas Kupang juga mampu merakit teknologi itu secara baik,” ujarnya.

Ia berharap pembangkit listrik tenaga surya yang dirakit oleh penghuni Lapas bisa dimanfaatkan oleh masyarakat NTT sebagai energi alternatif, mengingat wilayah tersebut memiliki intensitas cahaya matahari yang besar.

“Jika memiliki dana yang memadai untuk pengadaan panel surya pembangkit listrik tenaga surya maka hasil produksi para napi ini bisa digunakan di berbagai Lapas di NTT yang masih memiliki keterbatasan aliran listrik,” imbuhnya.

Ia optimis napi yang memiliki keterampilan pembuatan solar cell mampu mengembangkan usahanya itu setelah selesai menjalani hukuman di Lapas Kupang.

“Teknologi tenaga surya sebagai energi alternatif yang sangat cocok untuk dikembangkan di NTT. Hal itulah yang mendorong para napi di Lapas Kupang mulai mengembangkan teknologi tenaga surya ini selama menjalani hukuman di Lapas Kupang,” katanya. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here