Wihh.. Ikan Bandeng di Sidoarjo Ini Dibandrol Rp 1,3 Miliar
Ilustrasi Ikan Bandeng (Istimewa)
MALANGTODAY.NET – Empat bandeng milik pembudidaya asal Sidoarjo baru saja terjual seharga Rp 1.300.050.000. Angka fantastis ini didapatkan dalam lelang bandeng tradisional di Alun-Alun Sidoarjo beberapa saat lalu. Masing-masing bandeng seberat 9,29 Kg, 6,26 Kg, 5,48 Kg dan 3,61 Kg.

Sebagaimana diberitakan Liputan 6, bandeng ini dilelang dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 Hijriyah. Keempat bandeng kawak tersebut merupakan pemenang lomba timbang oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan penawar tertinggi, berhak mendapat bandeng terberat.

Begitu juga dengan penawar tertinggi kedua sampai ke empat. Masing-masing berhak mendapat bandeng yang diperebutkan. Dari situlah, empat bandeng kawak berhasil menyabet nominal Rp 1,3 Miliar.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyebutkan, kegiatan lelang tersebut menjadi salah satu upaya untuk melestarikan tradisi para pembudidaya tambak dimasa lalu. Dimana mereka sangat gemar membudidayakan bandeng sampai dengan ukuran besar atau yang dikenal dengan istilah kawak.

Menurutnya, petani tambak zaman dahulu selalu merayakan hari besar islam, khususnya Maulid Nabi Muhammad SAW dengan memanen bandeng kawak, kemudian melelangnya.

“Kegiatan ini, diharapkan mampu mendorong para petani tambak untuk terus meningkatkan produksi perikanannya,” katanya

Selain itu, lanjutnya, kegiatan tersebut  juga bertujuan mengumpulkan dana bagi kegiatan sosial dan tempat-tempat di Kabupaten Sidoarjo. Disisi lain juga untuk menambah destinasi wisat dalam menarik lebih banyak lagi wisatawan agar berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.