Simak! Ini Wejangan Menteri Susi Pudjiastuti Untuk Para Penyelam
Susi Pudjiastuti @ Instagram.com

MALANGTODAY.NET – Buat para penyelam, pasti udah kenal dong sama yang namanya Fin (re: kaki katak)? Nah, ada satu wejangan dari Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti tentang alat bantu menyelam itu.

Dalam video yang diunggah oleh akun @mr_praditya, terlihat Ibu Susi mengimbau para penyelam (divers) untuk tidak menggunakan Fin saat menyelam.

Menteri Susi Pudjiastuti terlihat duduk diatas kapal, setelah selesai menyelam di Laut Banda. Dirinya sendiri sudah melihat kalau banyak terumbu karang yang rusak akibat terinjak kaki katak tersebut.

Menurutnya, para penyelam tidak harus menggunakan Fin saat berenang di kedalaman kurang dari 10 meter. Perangkat menyelam ini, bisa digunakan untuk berenang pada kedalaman lebih dari 20 meter.

Menteri yang terkenal dengan gaya nyentriknya tersebut, juga mengimbau para penyelam tidak boleh malas berenang. Karena berenang dengan kaki telanjang, jauh lebih sehat ketimbang menggunakan alat bantu.

“Kalau tidak nanti semua karang Anda rusak. Sayang, nanti Anda tidak melihat keindahan. Fin itu tidak perlu kecuali Anda diving di bawah 20 meter. Di atas 10 meter tidak perlu pakai fin,” ucap Susi.

Video yang diunggah pada tanggal 26 Oktober 2017 tersebut, sudah dilihat lebih dari 10.000 pengguna Instagram.

Menteri Susi Pudjiastuti mengharapkan, kedepannya para penyelam tidak menggunakan kaki katak tersebut, jika menyelam di daerah 50 meter dari pinggir karang. Agar kelestarian terumbu karang tetap terjaga.

Seperti yang diketahui, laut Indonesia merupakan perairan yang mempunyai banyak jenis terumbu karang. Terumbu karang juga menjadi salah satu situs yang harus dilindungi oleh masyarakat Indonesia. (Ans)

Loading...