Waspada! Gunung Agung Meletus Lagi Malam Ini
Letusa Gunung Agung (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Dilansir dari CNN Indonesia, malam ini, Senin, (2/7) Gunung Agung yang berlokasi di Kabupaten Karangasem, Bali kembali erupsi pukul 21.04 WITA.

Sebelumnya pada pagi ini, Gunung Agung juga telah erupsi sebanyak tiga kali tepatnya pada pukul 06.19 WITA, 06.41 WITA dan 06.55 WITA. Menurut data yang terekam di seismogram tiga letusan yang terjadi pagi tadi mengeluarkan amplitudo yang berkisar di angka maksimum 18 mm dengan tinggi kolom abu berada di antara 1.000 m – 2.000 m di atas puncak.

Baca Juga: Gunung Agung Erupsi Lagi, Masyarakat Diminta Waspada

Sedangkan letusan yang terjadi pada malam hari ini, data Pos Pengamatan Gunung Api Agung mencatat erupsi terjadi secara strombolian diserta dengan suara dentuman. Lontaran lava pijar teramati keluar dari kawah dengan jarak mencapai 2.000 m. Seismogram merekam erupsi ini dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi kurang dari 7 menit 21 detik.

Baca Juga: Gunung Agung Erupsi, Jadwal Penerbangan di Bandara Abdurrahman Saleh Dibatalkan

Saat ini Gunung Agung berada pada status level III atau Siaga. PVMBG mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pendakian serta tidak melakukan aktivits apapun di Zona Perkiraan Bahaya. Zona Perkiraan Bahaya diputuskan oleh PVMBG berada di seluruh area di dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...