Warga Sipil Serahkan Senjata Rakitan ke TNI di Wilayah Perbatasan
Satgas Pamtas Yonif Mekanis 413 Kostrad di wilayah perbatasan RI-(PNG) @MalangToday.net/Humas

MALANGTODAY.NET – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Mekanis 413 Kostrad yang tengah bertugas di wilayah perbatasan RI-(PNG) menerima penyerahan senjata dari masyarakat, Sabtu (4/3). Satu pucuk senjata rakitan laras panjang diserahkan secara sukarela dan penuh kesadaran.

Senjata diserahkan oleh Benny (55), warga Kampung Kombut, Distrik Kombut, Kabupaten Boven Digoel kepada Praka Jihad Arifin anggota Pos Imko Kompi C.

Penyerahan senjata ini bermula ketika Praka Jihad melaksanakan pengobatan keliling di Kampung Kwangtet, Distrik Kombut. Saat kegiatan tersebut, Jihad bertemu dengan Anton yang merupakan teman dari Benny. Dengan berjalannya waktu, terjalin keakraban dan timbul kepercayaan di antara mereka.

Adapun penyerahan senjata tersebut dilakukan di rumah Pelix (60) yang berdekatan dengan rumah Benny di Kampung Kombut. Praka Jihad Arifin yang didampingi 2 rekannya, yaitu Pratu Masbuchin dan Pratu Aydin Achmad berkunjung untuk mengambil senjata yang telah dijanjikan.

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari usaha prajurit Satgas Yonif Mekanis 413 Kostrad yang selalu dekat dengan masyarakat,” kata Komandan Batalyon Mayor Inf Arif Munawar dalam rilisnya.

Kejadian tersebut merupakan bukti bahwa komunikasi sosial antara Satgas Yonif Mekanis 413 Kostrad dengan masyarakat terjalin dengan baik. Pendekatan secara persuasif oleh Satgas dengan masyarakat pun sangat efektif. Dengan program-program yang telah dilaksanakan sehingga masyarakat merasa dekat dengan Satgas Yonif Mekanis 413 Kostrad.

“Kami sangat mengapresiasi kepada masyarakat yang telah sadar dan mau menyerahkan senjata-senjata yang mereka simpan selama ini dengan sukarela. Ini merupakan suatu awal yang baik untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah perbatasan RI-PNG,” tambahnya.

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here