RADARMALANGID – Semua warga sekolah SMAN 1 Malang dilibatkan dalam Kegiatan Tengah Semester (KTS) 2019. Mulai dari siswa, guru, hingga wali murid turun tangan dalam agenda bakti sosial tahunan milik sekolah bersemboyan ‘Mitreka Satata’ ini.

Jika siswa dan guru bergotong royong di kegiatan bersih desa, perwakilan wali murid dengan latar belakang medis mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk agenda pengobatan gratis kepada warga Desa Wonosari, Kabupaten Malang.

“Selain mendukung kegiatan sekolah, sekaligus apresiasi kita orang tua atas kepedulian siwa untuk kegiatan sosial,” ungkap Dr Siti Juhariyah, salah satu wali murid yang bertugas di pengobatan gratis.

Ia mengaku KTS merupakan program bagus untuk mendidik siswa lebih peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan.

Juhariyah mengaku tak menemui hambatan selama kegiatan berlangsung. “Masyarakat di sana cukup antusias mengikuti pengobatan masal,” ungkap dokter spesialias paru di RSUD Kota Malang ini.

Bertempat di Balai RW Desa Wonosari, 3 dokter perwakilan orang tua murid gesit melakukan pemeriksaan kesehatan umum. Termasuk pemeriksaan tensi kepada 75 pasien. “Setelah diperiksa, pasien diberikan obat gratis sesuai dengan keluhannya. Pengadaan obat dari sekolah, kami membantu membelikan obat yang dibutuhkan,” ujar Dr Juhariyah.

Para dokter tak bekerja sendiri, ada 14 anggota Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Malang turut membantu kelancaran acara pengobatan gratis. “Kami mendampingi dokter untuk mencatat keluhan pasien, membantu tensi, hingga mencarikan obat yang diresepkan dokter,” jelas Nafilah Romadhoni, salah satu anggota PMR.

Siswa kelas 11 ini mengaku pengetahuannya tentang obat dan resep bertambah setelah pengobatan gratis berlangsung. “Meskipun sempat bingung saat membaca resep dan membungkus obat, saya sangat senang bisa turun langsung dan berinteraksi langsung ke masyarakat setempat dari anak kecil hingga lanjut usia,” ujarnya.

Sebagai informasi tambahan, KTS 2019 sukses diselenggarakan pada 10-12 Oktober lalu. Berisi serangkaian kegiatan sosial seperti Pasar Murah, menjual kebutuhan pokok dengan harga miring, dan membagikan ilmu tentang sekolah sehat pada Mitreka Mengajar.

Pewarta : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Panitia KTS 2019
Editor: Indra M

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.