Ups, Kursi Wagub DKI Kosong, PKS Kirim Kode Keras ke Gerindra
Sohibul Iman, klaim PKS berhak isi kursi Wagub DKI @PKS

MALANGTODAY.NET –  Keputusan koalisi Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat mengusung Sandiaga Uno menemani Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden 2019 (Pilpres 2019) mendatang membuat kursi Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta kosong.

Kekosongan ini yang kemudian membuat salah satu partai koalisi pengusung, PKS, mengirim kode keras kepada Gerindra untuk mengisi jatah tersebut.

Baca Juga: KH Ma’ruf Amin Cawapres, Begini Tanggapan Laskar Santri di Malang

“Secara aturan yang bisa ganti Pak Sandi itu kan dari PKS dan (partai) Gerindra karena dulu yang ngusung dari dua partai itu,” ujar Sohibul Iman, Presiden PKS sebagaimana dilansir dari Kompas.com.

Aturan yang dimaksud oleh Sohibul adalah Undang-undang No. 12 tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas UU 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam pasal 26 ayat 4 UU tersebut, yang berhak mengisi kekosongan jabatan wakil kepala daerah adalah yang berasal dari partai politik (parpol) atau gabungan parpol dan masa jabatannya masih tersisa 18 bulan atau lebih, kepala daerah mengajukan dua orang calon wakil kepala daerah.

Dari dua nama tersebut, nantinya akan dibawa ke rapat paripurna DPRD untuk diputuskan lebih lanjut.

Relakan Posisi Cawapres, Mardani Ali Sera Isi Kursi Wagub?
Relakan Posisi Cawapres, Mardani Ali Sera Isi Kursi Wagub?
Pentolan #2019GANTIPRESIDEN Mardani Ali Sera diisukan mengisi kursi Wagub DKI Jakarta @PKS

Pada Pilpres 2019 nanti, partai yang dipimpin oleh Sohibul Iman ini telah memberikan Prabowo kewenangan penuh untuk memilih calon wakil pesiden (cawapres) pilihannya. Hal ini yang menurut Sohibul, sudah seharusnya Gerindra membalasnya dengan memberikan wewenang kepada mereka untuk mengisi jabatan wagub DKI.

“Tetapi tentu dari PKS memberikan posisi wakil presiden, tentu mereka (Partai Gerindra) memberikan hak prioritas kepada PKS untuk menjadi wagub,” tutur Sohibul.

Hal serupa turut diungkapkan oleh Fadli Zon, Wakil Ketua Umum Gerindra. Ia berujar bahwa posisi pengganti Sandiaga akan diserahkan ke PKS.

Baca Juga: Prabowo Bagi-bagi Kursi Menteri, Siapa Saja yang Kebagian Jatah?

“Tentu karena pengusungnya dari Gerindra dan PKS, ya nanti mungkin calon wakil gubernurnya pengganti Pak Sandi itu sesuai kesepakatan dari pengusung itu dari PKS,” ujar Plt Ketua DPR RI ini.

Adapun mengenai siapa yang akan dicalonkan mengisi kursi wagub, nama Mardani Ali Sera muncul ke permukaan. Ketua DPP PKS tersebut merupakan salah satu pencetus dari gerakan #2019GANTIPRESIDEN.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar