KEPANJEN – Ada yang spesial di pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) kloter kedua Kabupaten Malang, Jumat, (12/7) siang tadi. Setelah kemarin 101 CJH diberangkatkan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, hari ini kloter dengan jumlah yang lebih besar dengan menggunakan sekitar 15 bus diberangkatkan langsung oleh Wakil Bupati Malang, HM Sanusi di halaman depan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Spesialnya adalah CJH Kabupaten Malang yang tadi berangkat “dikawal” langsung oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Malang Nazarudin Hasan dan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0818 Kabupaten Malang-Batu, Letkol Inf. Ferry Muzzawad yang ternyata ikut menjadi CJH di tahun 2019 ini.

“Benar, keduanya memang masuk pemberangkatan haji tahun ini. Ikut bareng kloter 18, 19, 20 Calon Jemaah Haji Kabupaten Malang,” ujar Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Dr H Musta’in, MAg.

Seluruh JCH siang tadi dibagi menjadi dua lokasi pemberangkatan, di Lawang dan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Di Stadion, suasana lebih meriah karena Wakil Bupati Malang juga turut hadir dan melepas langsung para CJH. Mereka diberangkatkan menggunakan bus bantuan dari Pemkab Malang untuk menuju Asrama Haji di daerah Sukolilo, Surabaya dan bergabung bersama kloter lain.

“Tahun ini jumlahnya banyak, 2287 jamaah, jadi pesannya selama di tanah suci selalu ikuti bimbingan dari petugas haji. Bila di Masjidil Haram untuk beribadah, jangan sendirian, supaya tidak tersesat,” pesan Abah, sapaan akrab Sanusi.

Abah juga menyebut dengan makin naiknya jumlah CJH maupun pendaftar haji dari tahun ke tahun di Kabupaten Malang, itu berarti juga berindikasi makin sejahteranya tingkat perekonomian masyarakat Kabupaten Malang. Kepala Kemenag, Musta’in sendiri menyebut dibanding tahun lalu, jumlah calon jamaah haji Kabupaten Malang tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 20 persen.

“Saya hanya berpesan harus rukun kompak, dan mengikuti aturan yang telah ditentukan, dan bilang kalau ke petugas merasa sakit,” tandas Sanusi

Besok, kloter ketiga CJH Kabupaten Malang akan diberangkatkan di satu titik saja yakni Lawang, Kabupaten Malang.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.