KOTA BATU – Beberapa hari ini jagat maya dihebohkan dengan kreativitas mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang membuat formasi wajah almarhum B.J. Habibie sebagai bentuk turut berbela sungkawa dari kampus tersebut. Sayangnya gambar yang banyak bermunculuan di akun sosial Media Instagram dan Facebook dan selalu menyebutkan postingan foto dari @nasvian tersebut ternyata hanyalah hasil edit dan berita bohong.

“Itu hanya berita bohong, UMM tidak pernah mengadakan Mob dengan formasi seperti itu,” ungkap M. Isnaini Sekretaris Humas UMM ketika dikonfirmasi oleh radarmalang.id. Ia juga mengungkapkan formasi tersebut adalah hasil editan dari mob pada 2018 lalu yang digunakan dalam 7 formasi Pesmaba di UMM.

Isnaini menambahkan 7 formasi tersebut sebelumnya digunakan oleh UMM untuk meneriakkan semangat kebangsaan dan kepedulian terhadap gempa Lombok pada saat itu. Ia juga menambahkan 7 formasi yang dibentuk tersebut adalah formasi merah-putih, potret KH Ahmad Dahlan, Logo UMM, tulisan Students Today, tulisan Leaders Tomorrow, Peta Indonesia, dan formasi Pray for Lombok.

Meski begitu, ia yakin d
melalui kejadian ini bisa menjadi pembelajaran bagi mahasiswa baru bahwa di tengah perjuangan membangun bangsa, akan ada banyak tantangan yang ditemui dan salah satunya adalah berita bohong.

“Jas Merah Mob yang dipelesetkan dapat menjadi contoh realitas sosial bagi masyarakat, khususnya mahasiswa baru UMM agar tetap kritis serta tak mudah memercayai informasi dari sumber yang tidak jelas,” tandas Isnaini

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Istimewa
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.