Petugas SPBU menyiramkan bensin untuk membuktikan uang tersebut palsu @Ahmad Hudlori
Potongan gambar saat petugas SPBU menyiramkan bensin untuk membuktikan uang tersebut palsu @Ahmad Hudlori

MALANGTODAY.NET – Belakangan, beredar video di yang berisi tentang seorang petugas SPBU yang mengecek keaslian uang kertas dengan cara menyiramkan bensin di atasnya. Video ini menjadi viral ketika seorang pengemudi, Ahmad Hudlori mengunggahnya di grup Facebook Info Kriminal & Lalu Lintas (Nusantara).

Kronologinya, Hudlory sedang melakukan perjalanan dari Kediri menuju Blitar, Rabu (9/5/2019). Ia kemudian mengisi bensin di salah satu SPBU di Kota Kediri. Melihat uang di dompet hanya Rp 30 ribu, ia memutuskan untuk mengambil uang di ATM terlebih dahulu sebanyak Rp 200 ribu.

Sesampai di SPBU, ia mengisi bensin seharga Rp 150 ribu. Namun, saat uang tersebut diterima petugas, petugas tersebut menyatakan bahwa ada satu lembar uang Rp 50 ribu yang palsu.

Petugas tersebut membuktikan bahwa uang tersebut palsu dengan menyiramkan bensin. Hasilnya, hologram tidak lagi nampak di permukaan uang kertas. Selain itu, lembaran uang kertas tersebut terpisah menjadi dua lembar.

Mengenai hal ini, Bank Indonesia (BI) mengaku tidak pernah mengatakan cara untuk mengecek keaslian uang dengan menyiramkan bensin. Selama ini, BI  mengedukasi masyarakat untuk mengecek keaslian uang dengan cara dilihat, diraba, dan diterawang alias 3D.

“Bank Indonesia tidak pernah memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengenali keaslian uang menggunakan bensin,” ujar Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Onny Widjanarko dilansir dari Kompas.com (9/5/2019).

(AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.