Salah satu alat untuk cek arah kiblat, theodolite (KUA Nanggulan)
Salah satu alat untuk cek arah kiblat, theodolite (KUA Nanggulan)

MALANGTODAY.NET – Arah kiblat merupakan suatu hal yang krusial bagi umat Islam. Setiap tahunnya, dalam ilmu Astronomi maupun Falakiah dikenal ada hari dimana Matahari tepat berada di atas Ka’bah atau Istiwa’ Adhom. Hari-hari tersebut adalah pada 27 atau 28 Mei dan 15 atau 16 Juli. Hal inilah yang menjadi salah satu acuan dalam menentukan arah kiblat.

Namun, bagaimana jika kita tidak mendapatkan momen pada hari-hari tersebut? Solusinya yaitu dapat dengan menggunakan alat bantu. Jika masih tidak yakin, kini masyarakat juga bisa meminta bantuan dari para ahli Kemenag. Tim ahli dari Kemenag akan membantu verifikasi atau pengecekan akurasi arah kiblat pada masjid-masjid di sekitar rumah.

Seperti yang telah diunggah di salah satu akun resmi Kemenag, @bimasislam, Kemenag juga melayani verifikasi arah kiblat. Untuk mendapatkan layanan ini, masyarakat diluar Jabodetabek dapat mengajukan surat permohonan melalui pengurus masjid atau mushalla ke Kantor Kemenag Kab/Kota masing-masing.

Kemudian untuk masyarakat Jabodetabek, surat permohonan langsung ditujukan kepada Direktur Urusan Agama Islam dan pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dengan perihal Permohonan Verifikasi Arah Kiblat.

Alat-alat yang digunakan para tim ahli diantaranya adalah theodolite, kompas, GPS, dan alat pendukung lainnya. Untuk pelayanan ini, Kemenag sama sekali tidak menarik biaya apapaun dari masyarakat alias gratis.

Sementara itu, untuk masjid yang sudah terverifikasi akan dibuktikan melalui sertifikat.

“Untuk masjid/mushalla yang sudah diverifikasi arah kiblatnya, dibuktikan dengan sertifikat,” tulis akun @bimasislam di kolom komentar.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.