Ups, Ada Kader PDIP di Kubu Prabowo-Sandi? Siapakah Gerangan?
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno @Antara

MALANGTODAY.NET – Mantan Menteri Ekonomi, Keuangan dan, Industri sekaligus ahli ekonomi Kwik Kian Gie bersedia menjadi penasihat ekonomi pasangan Prabowo-Sandi meski masih tercatat sebagai kader PDIP. Ia mengungkapkan keputusan tersebut ia ambil karena merasa Presiden Joko Widodo tak pernah sekalipun memberikan respon terkait pemikiran ekonomi yang ia tawarkan.

“Apa pernah Pak Jokowi mengajak saya bicara? Tidak. Lho bukannya saya yang mengambil inisiatif karena beliau kan sudah gubernur, sudah presiden? Sudah (mengambil inisiatif),” ujar Kwik dikutip dari Kompas.com, pada Selasa (18/9/2018).

Baca Juga: Jelang Tutup Usia, Ini Kasus yang Ramai di Indonesia Akibat Status Path

Pernyataan tersebut ia ungkapkan paska menghadiri pertemuan di kediaman Prabowo, Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan, Senin (17/9/2018) malam.

Kwik juga menceritakan beberapa pertemuannya dengan Jokowi. Salah satunya adalah ketika mereka berdua melayat Ketua MPR RI pada tahun 2013 silam. Pada saat itu, ia menyarankan pad Jokowi yang masih menjadi Gubernur DKI Jakarta untuk memanfaatkan popularitasnya demi kepentingan partai dan negara.

“Apa itu? Kata Jokowi. Oh kebetulan saya punya bahan yang banyak sekali karena saya lama sekali jadi ketua litbang PDIP, ketua DPP, dan mewakili PDI juga menjadi wakil ketua MPR,” kata Kwik.

Tak hanya itu, Kwik juga menyerahkan berbagai catatan dan pemikirannya terkait ekonomi Indonesia baik dalam bentuk cetak maupun digital pada Jokowi. Salah satunya adalah catatan berjudul Platform Presiden yang ditulisnya pada tahun 2004 dan 2009. Namun tak pernah sekalipun Jokowi memberikan tenggapan atau respon terhadap saran itu.

Sebenarnya, catatan berjudul Platform Presiden ini telah ia susun sejak masa Pilpres 2004. Namun buku tersebut tak juga mendapat respon dari PDIP. Bahkan saat Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarno Putri mencalonkan diri sebagai Presiden dalam Pilpres 2009, catatan itu tetap tak ada tanggapan.

Baca Juga: Sampai September, Puluhan Kilometer Jalan Sudah Dipermak

“Dari Ibu Megawati mungkin sekali (ada respons) karena sampai sekarang hubungan saya masih sangat dekat. Ibu Megawati kan ketua umum dia mengasumsikan bahwa akan ada respons,” ujar Kwik

Ia berujar bahwa pada masa Pilpres 2019 ini Prabowo adalah orang pertama yang mengajaknya berdiskusi terkait kondisi ekonomi saat ini. Oleh sebab itu Kwik memutuskan untuk menyampaikan gagasan-gagasan tersebut pada Prabowo terlebih dahulu, dari pada Jokowi.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...