DONOMULYO – Pencurian kayu di Kabupaten Malang masih marak saja. Senin (8/7) lagi-lagi komplotan pencuri kayu kembali dibekuk oleh jajaran Unit Opsnal Polres Malang.

Dalam operasi yang dipimpin oleh Aiptu Taufik Hidayat bersama dengan jajaran Perhutani KPH Malang tersebut, petugas mengamankan 200 batang kayu jati dan 13 batang kayu mahoni yang disinyalir merupakan hasil curian.

Kasubag Humas Polres Malang AKP Ainun Djariyah menyampaikan bahwa penangkapan tersebut bermula dari kecurigaan petugas atas kendaraan truk yang dikemudikan Suwaji, warga Desa Kedungsalam, Kecamatan Kalipare.

”Pelaku kami amankan ketika sedang mengangkut kayu jati,” kata Ainun. Karena tidak dilengkapi dengan dokumen resmi, petugas kemudian melakukan pengecekan di lokasi.

Dan setelah dicocokkan benar bahwa sisa kayu tersebut sama dengan kayu gelondongan yang baru saja diangkut pelaku.

Dalam aksinya, pria berusia 42 tahun tersebut tidak sendirian. Suwaji beraksi dengan Giyarto, 47, dan Hengki, 24, warga Desa Banjarejo, Kecamatan Kalipare.

Selain kayu gelondongan, petugas di lapangan juga mengamankan barang bukti berupa satu unit truk Mitsubishi warna kuning dengan nomor polisi N 8275 UE yang digunakan untuk mengangkut hasil curian.

Di samping itu, petugas juga mengamankan satu gergaji mesin, satu unit kendaraan roda dua, dan dua gergaji manual. ”Saat ini semua barang bukti kami amankan di Mapolres Malang,” kata Ainun.

Atas tindakan tersebut, pelaku terancam terjerat Pasal 83 Ayat 1 huruf (a) dan Pasal 87 Ayat 1 huruf (c)  KUHP serta Pasal 88 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Pewarta : Farik Fajarwati
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.