MALANG KABUPATEN – Banyak desa memiliki Sumber Daya Alam (SDA) melimpah. Sayangnya, tak semua SDA itu bisa dikelola dengan baik.

Berangkat dari permasalahan ini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar program bertema ‘Aktualisasi Kreativitas Generasi Muda dalam Mengoptimalkan Potensi Desa Melalui Inovasi dan Implementasi IPTEK Guna Mewujudkan SDGs (Sustainable Development Goals) 2030’.

UKM Penalaran Unikama mengajak mahasiswa seluruh Indonesia untuk bersaing secara sehat menciptakan inovasi lewat paper. Yakni melalui LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) tingkat Nasional, yang diadakan di Ruang Abdul Rajab Unikama, Sabtu, (12/10).

“Kami melihat banyak desa di Indonesia ini yang memiliki potensi tapi belum tersentuh Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Maka dari itu kami mengajak mahasiswa sebagai agent of change untuk membuat pemikiran-pemikiran baru dan kreatif untuk kemajuan desa,” kata tutur Lilis Pujianti, Ketua Pelaksana acara LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) tingkat Nasional Unikama.

Acara rutin tahunan bertajuk Penalaran Competition ke 9 ini diikuti mahasiswa dari sejumlah kampus di Indonesia. Di antaranya Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Universitas Telkom, Universitas Mataram, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Diponegoro, juga Unikama.

Event ini ketat. Peserta disaring dan paper yang masuk diseleksi sesuai tema. Kata Lilis, dari 87 paper yang masuk, Unikama hanya meloloskan 10 tim dari seluruh Indonesia. Jurinya, berasal dari internal Unikama sendiri, dosen dan mahasiswa senior.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Editor: Indra M

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.