UN 2017, Siswa SMA Bebas Pilih Mapel yang Diuji
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy Ketika Berkunjung Ke Malang Beberapa Saat Lalu (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Pasca dibatalkannya moratorium Unas oleh pemerintah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kali ini mengeluarkan surat edaran terkait Ujian Nasional 2017. Di dalamnya disebutkan, khusus bagi siswa SMA dapat memilih sendiri salah satu mata pelajaran (mapel) yang diujikan di UN.

Mendikbud Muhadjir Effendy sebagaimana diberitakan Detik mengatakan, alasan diberlakukannya aturan tersebut adalah untuk memperdalam salah satu mapel. Ketimbang harus memilih ketiga-tiganya, terlebih waktu yang diberi menurutnya sangat terbatas.

Dia juga menyebutkan, UN merupakan salah satu bahan evaluasi Kemendikbud untuk mengetahui penguasaan masing-masing siswa. Artinya, UN sama sekali tidak berkaitan dengan lulus atau tidaknya seorang siswa.

“Siswa bisa memilih mata pelajaran UN dan mulai memfokuskan diri,” urai mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Tak hanya itu, Muhadjir juga menyampaikan, pendalaman materi dapat diukur dengan cara tersebut. Dia pun sangat tidak keberatan apabila ada protes dari perguruan tinggi terkait kebijakan tersebut. Sebab UN menurutnya bukan tolok ukur PT untuk menyeleksi mahasiswa.

“PT memiliki tes sendiri untuk seleksi, kecuali kalau mereka sepakat menggunakan UN sebagai landasan masuk Universitas, maka akan kami bicarakan lagi,” tambahnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

1 COMMENT

  1. Benaran gak berpengaruh, tapi di sekolah katanya berpengaruh. Terus pilihlah program uji sesuai dengan program yang diambil di perguruan tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here