Kubu Prabowo Ingin Buat Uang Braille, Kubu Jokowi: Ini Lucu
Ilustrasi uang Rupiah @HaloMoney

MALANGTODAY.NET – Kubu pendukung pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin mengkritik lugas rencana paslon Prabowo Subianto – Sandiaga Uno yang akan mengedarkan uang braille. Rencana ini dinilai lucu karena uang rupiah yang ada saat ini telah memiliki tanda khusus agar dapat dikenali penyandang tunanetra.

“Ini lucu sebenarnya pendapat Hashim karena sejak dulu itu, 2016 itu uang rupiah kita itu sudah bisa dikenali oleh kaum disabilitas. Jadi itu diraba pun, kaum disabilitas sudah tahu, berapa sebenarnya harga atau nilai dari uang rupiah tersebut,” ujar juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf, Arya Sinulingga, dikutip dari Kompas.com, Minggu (18/11/2018).

Baca Juga: Papua Kian Beraspal, Menteri PUPR: Ini Bukan Buat Gagah-gagahan!

Tak tanggung-tanggung, Arya bahkan menyebut wacana tersebut sebagai kebijakan yang justru merendahkan penyandang tunanetra.  Pernyataan ini mengacu pada statement kubu Prabowo – Sandi yang menilai tunanetra hanya menjadi tukang pijat.

“Tunanetra itu banyak pekerjaannya, tidak hanya tukang pijat. Jadi jangan direndahkan juga kalau tunanetra itu hanya jadi tukang pijat,” tambah Arya.

Baca Juga: Anak dan Cucu Wiranto Pakai Cadar, Netizen: Subhanallah

Sebelumnya, Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo – Sandi, Hashim Djojohadikusumo memaparkan bahwa paslon yang didukungnya itu akan menyediakan uang ramah bagi penyandang tunanetra jika terpilih nanti.

Kebanyakan teman-teman penyandang tunanetra pekerjaannya di panti pijat. Ada yang ditipu. Diberi Rp 50.000 enggak taunya Rp 5.000. itiu untuk mata uang braille,” ujar Hashim.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...