MALANG – Film terbaru karya Livi Zheng, The Santri baru-baru ini menuai reaksi dari Ketua Umum Front Santri Indonesia (FSI), Hanif Alathas, yang juga menantu dari Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Menurutnya, film ini tidak mencerminkan akhlak dan tradisi santri yang sebenarnya.

Menolak penayangan film tersebut, Hanif meminta pada para santri dan para jamaah untuk tidak menonton film The Santri yang akan tayang pada Oktober mendatang. Bahkan, film ini pun ramai menjadi buah bibir di Twitter, karena saat ini Livi Zheng menjadi sosok fenomenal setelah penampilannya di sebuah acara tanya jawab yang ditayangkan di televisi bersama sutradara Indonesia lainnya.

“+62 logic, The Santri=No, Dua Garis Biru=Yes,” cuit salah seorang warganet dengan nama pengguna @yasta_muhammad.

Tak hanya itu, seorang warganet dengan nama pengguna @donattkentang juga membuat cuitan di Twitter, mengenai reaksinya setelah menonton trailer film The Santri. “I rolled my eyes so hard seeing Livi Zheng in the last half of The Santri movie trailer (Aku bener-bener muter mata nonton trailer The Santri di separuh akhir menitnya).”

Dilansir dari laman resmi PBNU, film The Santri akan mengangkat nilai-nilai kaum santri dan tradisi pembelajaran di pondok pesantren yang berbasis kemandirian, kesederhanaan, toleransi serta kecintaan terhadap tanah air.

Diklaim Imam Pituduh dari NU Channel, The Santri dipersembahkan sebagai wahana untuk menginformasikan dan mengkomunikasikan keberadaan dunia santri dan pesantren yang memiliki pemahaman tentang Islam yang ramah, damai dan toleran dengan komitmen cinta tanah air, serta anti terhadap radikalisme dan terorisme.

Melalui trailer resminya, kisah itu berfokus pada kehidupan di sebuah pondok pesantren yang sedang mempersiapkan perayaan Hari Santri. Seorang guru menjanjikan bahwa enam orang santri terbaik akan diberangkatkan dan bekerja di Amerika Serikat.

The Santri sendiri diinisiasi oleh PBNU melalui NU Channel, bekerja dengan Livi Zheng dan Ken Zheng sebagai sutradara, serta Purwacaraka sebagai penata musik dan komposer. Film ini bakal dibintangi oleh Azmi Askandar, Wirda Mansur, dan Veve Zulfikar yang notabene merupakan para pendatang baru di dunia hiburan.

Film The Santri akan resmi ditayangkan pada Oktober mendatang, bertepatan dengan Hari Santri.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.