Papua Kian Beraspal, Menteri PUPR: Ini Bukan Buat Gagah-gagahan!
Presiden Jokowi dan Menteri PUPR jajal Trans Papua sambil berjalan kaki @ Senayan Post

MALANGTODAY.NET – Di era Presiden Joko Widodo ini, infrastruktur jalan di tanah Papua terus dibenahi. Khususnya di perbatasan, mulai Merauke sampai Jayapura telah dihubungkan dengan jalanan beraspal sepanjang 909 kilometer.

Pemerintah menargetkan bahwa di akhir tahun 2019 ini panjang jalan Trans Papua yang tembus telah mencapai 919 kilometer.

Untuk di tahun 2019 mendatang, pemerintah menarget dapat merampungkan 747 kilometer jalan aspal perbatasan Indonesia-Papua Nugini dari total 1.098 kilometer.

Baca Juga: Bak Sinetron Azab, Kades Tarik Pungli Sopir Truk Dibui dan Sakit-sakitan

Menanggapi hal ini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan jalan tersebut nantinya akan difungsikan untuk membuka potensi pertumbuhan yang baru.

“Pembangunan kawasan perbatasan bukan hanya untuk gagah-gagahan, tetapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perbatasan dengan menciptakan embrio pusat pertumbuhan baru,” kata Basuki Hadimuljo dalam sebuah keterangan tertulis, Sabtu (17/11/2018).

Presiden Joko Widodo telah meninjau sendiri jalan beraspal baru di daerah perbatasan tersebut, Jumat (16/11/2018). Jokowi meninjau ruas jalan Trans Papua sepanjang 422 kilometer yang membentang menghubungkan Merauke, Sota, hingga Boven Digoel.

Baca Juga: Anak dan Cucu Wiranto Pakai Cadar, Netizen: Subhanallah

“Saya ingin melihat langsung di lapangan karena dari data yang saya terima dari Merauke ke Boven Digoel itu jalannya berlumpur masih banyak sekali,” kata Jokowi seperti dikutip dari Antara, Jumat (16/11/2018).

Nantinya, ruas Trans papua ini dapat ditempuh dengan hanya memakan waktu selama 8 jam saja. Sebelumnya, masyarakat yang melakukan rute perjalanan ini harus menghabiskan waktu selama berminggu-minggu.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...