Erick Thohir @tribunnews
Erick Thohir @tribunnews

MALANGTODAY.NET – Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) diresmikan hari ini, Rabu (10/4/2019) oleh Presiden Joko Widodo. Resmi beroperasinya tol Pasro diperkirakan akan kian melesatkan perekonomian di daerah tapal kuda Jawa Timur ini.

Pasalnya, dengan adanya tol ini, maka waktu tempuh Pasuruan-Probolinggo menjadi hanya 30 menit saja. Dengan waktu tempuh yang kian singkat ini, mobilitas barang dan jasa di daerah Jawa timur akan semakin cepat.

“Dengan adanya jalan Tol Probolinggo-Pasuruan, jarak tempuh menjadi lebih cepat, 30 menit. Sehingga mobilitas barang, jasa, dan penduduk akan meningkat,” ujar Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir.

Selain itu, tol yang masuk dalam jaringan tol Trans Jawa ini juga mendukung infrastruktur wisata menuju Pulau Bali. Sebagaimana diketahui, Bali merupakan destinasi utama di Indonesia.

“Lalu kota yang berada di wilayah Tapal Kuda, Jatim ini, dengan pengembangan pelabuhan Probolinggo akan menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Bali yang masih merupakan destinasi wisata utama. Infrastruktur transportasi yang terintegrasi ini, dalam kacamata saya sebagai pengusaha, sangat luar biasa,” terangnya.

Sebagai pengusaha, Erick menuturkan hal ini sudah mendukung apa yang menjadi visi misi Jokowi jika kembali terpilih menjadi presiden. Menurutnya, program ini akan sangat menguntungkan bagi pengusaha.

“Inilah kesempatan bagi wirausahawan lokal, terutama di sektor perkebunan modern dan pariwisata untuk mengambil kesempatan. Dan saya menilai, pemerintahan Jokowi sudah mendukung kesiapan sumber daya manusia di Probolinggo dan daerah lainnya. Melalui penguatan Balai Latihan Kerja (BLK) di Probolinggo, untuk pembaruan kejuruan dan materi training serta sertifikasi bagi calon pekerja. Atau Kartu Pra-Kerja yang punya tujuan sama, serta pemberian modal usaha,” tambah Erick.

Industri Kreatif Milenial

Tidak hanya itu, Erick juga mengagumi bisnis-bisnis kreatif yang digagas oleh milenial kota terbesar keempat di Jatim ini.

“Banyak sekali peluang industri kreatif yang didomonasi anak muda. Baik itu kuliner, wisata, atau lainnya. Saya senang di Probolinggo, sejak lama sudah ada bisnis pengolahan sampah kota yang mencapai 50 ton setiap harinya,” terangnya.

Ia berharap hal ini akan terus dikembangkan. Apalagi dengan adanya tol Paspro yang akan semakin meningkatkan mobilitas dan percepatan kemajuan daerah. (AL)

 

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.