MALANGTODAY.NET – Secara resmi TMMD Ke – 97 Bondowoso ditutup oleh Kas Armatim Surabaya Laksamana Pertama TNI I Nyoman Gede Ariawan SE, MM yang bertempat di Lapangan Alun-Alun Raden Bagus Asra Bondowoso. Program TMMD Ke-97 ini merupakan sinergitas dari TNI AD bersama pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi Bangsa pada masa sekarang ini, salah satu diantaranya ialah dengan membantu Pemda dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program Pemda yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Adapun tema yang diusung dalam TMMD Ke-97 di wilayah Kodim 0822/Bondowoso kali ini yaitu “Dengan Semangat Kemanunggalan dan Kerjasama Lintas Komponen Bangsa Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”.

[URIS id=5439]

Program TMMD saat ini masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor Undang-Undang.

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Darat yang dibacakan oleh Laksamana Pertama TNI I Nyoman Gede Ariawan SE, MM menyampaikan bahwa TMMD Ke-97 Tahun 2016 ini telah menyelesaikan sebanyak 165 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, diantaranya pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, pembangunan jalan macadam, rabat jalan, peningkatan jalan, betonisasi jalan, semenisasi serta penimbunan, pelebaran dan pengerasan jalan. Sedangkan untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara dan Ketahanan Nasional.

Pembangunan non-fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka memelihara dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancamandisintegrasi Bangsa yang dilancarkan melalui Proxy War, berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, masih eksisnya bahaya terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas secara kualitas dan kuantitas serta isu bangkitnya kembali komunisme. Oleh karenanya TMMD ini adalah salah satu upaya TNI AD dalam memperkuat dan memberdayakan ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda