Kegiatan PSTBM Bersama Dinkes Jember dan TMMD 104 Kodim 0824 Jember @ist

Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 104 Kodim 0824/Jember di Desa Gunungmalang, Kecamatan Sumberjambe, tinggal 9 hari lagi. Bidan Wiwik didampingi Tim Kesehatan Kodim 0824/Jember, Sertu Sugianto, bersemangat saat memberikan arahan kepada ibu-ibu dalam kegiatan Pemicu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (PSTBM).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember melalui Puskesmas Gunung Malang. Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di lokasi TMMD Jember. Dengan kegiatan yang dilakukan adalah pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat.

Selain itu, juga untuk mengubah prilaku masyarakat yang terkait dengan udara besar, sehingga pada akhirnya masyarakat tersadarkan akan menggunakan bantuan jamban sendiri.

“Tujuan pemicuan ini adalah untuk mengubah prilaku masyarakat dalam membuang air besar,” ujar Wiwik.

Pembinaan yang dilakukan oleh narasumber pemicuan STMB sangat santai dan menyenangkan bagi ibu-ibu yang hadir. Para peserta mendapatkan materi yang disampaikan tentang prilaku hidup sehat.

Kegiatan ini dilaksanakan di halaman terbuka, yakni berada di depan rumah salah satu warga. Hal ini membuat para peserta dan narasumber lebih enjoy dan menikmati setiap materi yang diberikan.

Salah satu warga Dusun Krajan, Lestari, panggilannya, mengaku senang dengan acara ini. “senang sekali, semoga ke depan sangat bermanfaat,” ucapnya. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.