Tindak Kriminal Semakin Meningkat
Ilustrasi (Istimewa)

MALANGTODAY.NET –  Tindak pidana kriminal, semakin tahun semakin meningkat indeksnya. Kenaikan angka kriminalitas tersebut dipicu oleh berbagai faktor dan kondisi, seperti faktor ekonomi dan faktor lainnya, seperti Internet. Namun seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, maka tindak kriminal pun juga semakin marak mengikuti alur perkembangan jaman.

Saat ini, dimana setiap individu bisa dengan mudah mengakses internet melalui gadget atau alat komunikasi masing-masing, bermunculannya warnet-warnet di setiap sudut kampung, menjadikan semua kalangan, bahkan hingga anak-anak kecil, bisa dengan mudah mencari informasi dan melihat konten-konten melalui dunia maya, bahkan menjalin pertemanan melalui media sosial.

Namun, kemudahan informasi melalui internet tersebut, ternyata juga berdampak pada meningkatnya angka kriminalitas. Tak sedikit kita mendengar adanya tindak pidana penipuan melalui pertemanan di medsos, penipuan melalui jual-beli online, dan yang paling parah adalah meningkatnya angka kriminal pencabulan. Baik yang dilakukan orang dewasa terhadap anak-anak, maupun sesama anak-anak sebaya.

Hal tersebut terungkap saat Kasatreskrim Polres Pasuruan, AKP Khoirul Hidayat memberikan data angka kriminalitas yang terjadi sepanjang tahun 2016 ini. Tercatat, sebanyak 817 kasus kriminal yang masuk ke Polres Pasuruan dan 644 diantaranya berhasil diungkap oleh jajaran Satreskrim Polres Pasuruan.

Menurut AKP Khoirul Hidayat, indeks kriminal tahun ini meningkat sebesar 2,55% dibandingkan tahun 2015 lalu, dimana tercatat sebanyak 763 kasus yang ditangani dan 582 kasus kejahatan berhasil diungkap atau diselesaikan hingga tingkat pengadilan.

“Tindak kriminal memang naik, namun kita imbangi juga dengan naiknya jumlah kasus yang berhasil kita ungkap,” jelas Kasatreskrim. ‎(dwi)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here