Ditangkap Karena Narkoba, Hasil Tes Urine Andi Arief Ternyata Negatif!
Andi Arief @Suara

MALANGTODAY.NET – Hasil tes urine yang dilakukan kepada mantan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Andi Arief, terkait penyalahgunaan narkoba dilakukan hari ini, Senin (11/3/20219). Hasilnya menyebutkan bahwa yang bersangkutan dinyatakan negatif. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Dilansir dari CNN Indonesia, Senin (11/3/2019), pihak Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur membenarkan hal itu. Namun bukan karena Andi negatif menggunakan narkoba, melainkan karena jeda waktu terakhir pemakaian dan tes urine yang turut berpengaruh.

Menurut Direktur RSKO, Azhar Jaya, ada batas waktu tertentu untuk mengetahui kandungan senyawa dalam tubuh pasca pemakaian. Untuk narkoba jenis sabu (metamphetamine), batas waktunya sekitar 1-2 hari setelah pemakaian dengan menggunakan metode rapid tes urine.

“Kalau sudah lewat dari hari itu, hari kelima, keenam, ketujuh. Kemungkinan tidak terdeteksi dan hasilnya negatif,” tutur Azhar.

Meski demikian, pihaknya mengaku memiliki cara untuk menguji kembali keberadaan senyawa yang dimaksud meski telah melewati batas waktu yang ditentukan. Namun sayangnya, hal itu baru bisa dilakukan ketika ada permintaan secara hukum dan keluarga pasien.

Sementara itu, Andi datang ke RSKO dalam rangka sebagai pasien sukarela, bukan pasien terkait kasus hukum. Seorang pasien dinyatakan terkena kasus hukum jika ada surat pengantar dari lembaga yang mengirim pasien yang bersangkutan. Nantinya, akan ada Berita Acara Serah Terima.

“Jadi kalau pasien terkena kasus hukum biasanya ada surat terima berita acara. Surat terima hukum seperti pengantar misal lembaga yang mengirim ke kami kemudian kami dibuat Berita Acara Serah terima,” imbuhnya.

Sementara itu, Andi datang ke RSKO Cibubur pada 8 Maret 2019, lima hari sejak ia ditangkap pada 3 Maret 2019. Ia mengaku ke RSKO untuk menjalani konsultasi dan melakukan tes urine. “Kemudian saya akan periksa darah dan periksa lain-lainnya supaya semua jelas,” ujar Andi. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.