Penerbangan lampion saat Waisak @Istimewa
Penerbangan lampion saat Waisak @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Umat Buddha hari ini, Minggu (19/5/2019) merayakan hari Raya Waisak 2563 BE/2019. Beragam persiapan pun telah dilakukan untuk merayakannya.

Namun, tahukah kamu ada beberapa fakta menarik tentang Waisak? Betul sekali, salah satunya yakni pelepasan lampion di Candi Borobudur. Lalu, apa lagi berikutnya? Yuk simak beberapa fakta Waisak lainnya dilansir dai CNN Indonesia (11/5/2019).

1. Waisak Dirayakan Setiap Mei saat Purnama

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Vian Beko (@vianjb) pada

Waktu jatuhnya perayaan Waisak ini berasal dari arti nama Waisak itu sendiri. Waisak diambil dari bahasa Sansekerta yaitu Vaisakha. Dilansir dari Wikipedia, dalam bahasa Sinhala disebut dengan Vesakha. Vesakha adalah nama bulan dalam kalender Budhis yang jatuh pada bulan Mei pada kalender Masehi.

2. Peristiwa Penting dalam Waisak

Ratusan Orang Merayakan Tri Suci Waisak di Donomulyo
Suasana perayaan Tri Suci Waisak di Donomulyo (Humas Polres Malang)

Ada tiga peristiwa penting dalam Waisak yang disebut dengan trisuci Waisak. Pertama adalah kelahiran Siddhartha Gautama. Siddharta Gautama lahir di Taman Lumbini pada 623 SM.

Kedua adalah pengangkatan Siddharta Gautama menjadi Buddha. Ia diangkat menjadi Buddha pada usia 35 tahun atau pada 588 SM. Peristiwa ketiga yakni Wafatnya Siddharta Gautama pada usia 80 tahun atau 543 SM.

3. Rangkaian Perayaan Waisak di Indonesia

Ritual Pindapatta @wandri(dot)tan
Ritual Pindapatta @wandri(dot)tan

Fakta berikutnya yaitu ada beberapa pokok rangkaian perayaan Waisak di Indonesia. rangkaian pertama yakni pengambilan air berkat dan api abadi. Air berkat diambil dari mata air Jumprit di Temanggung, Jawa Tengah. Sementara api abadi diambil dari sumber api abadi Mrapen, Grobogan.

Rangkaian kedua yaitu ritual Pindapatta. Pindapatta adalah ritual pemberian dana makanan oleh umat kepada bhikkhu/bhiksu. Ritual ini dimaknai sebagai kesempatan untuk masyarakat dapat melakukan kebajikan.

Kemudian, rangkaian perayaan yang ketiga yakni Samadhi. Samadhi adalah ritual berdiam diri edi Candi Borobudur pada saat menjelang Bulan Purnama.

4. Perayaan Waisak di Candi Borobudur

Waisak di Borobudur @Wisata Yogyakarta
Waisak di Borobudur @Wisata Yogyakarta

Sebagai candi termegah yang menjadi warisan dunia, Candi Borobudur merupakan pusat perayaan Waisak di Indonesia. Saat malam perayaan, umat Buddha akan berkumpul di sini dan menerbangkan ribuan lampion yang pastinya indah menghiasi langit Borobudur.

Itu dia empat fakta unik seputar Waisak di Indonesia. Kepada seluruh umat Buddha yang merayakan, Selamat Hari Raya Waisak 2563 BE/2019. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.