MALANGTODAY.NET – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama akhirnya resmi meminta maaf kepada seluruh umat Islam dan semua pihak yang merasa tersinggung atas ucapannya terkait Surat Al Maidah ayat 5.

Calon petahana Gubernur DKI itu mengaku tidak pernah ada maksud untuk melecehkan terhadap salah satu ayat suci dalam Alquran.

“Saya sampaikan kepada ‎semua umat Islam atau kepada yang merasa tersinggung, saya sampaikan mohon maaf. Tidak ada maksud saya melecehkan agama Islam atau apa,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (10/10).

Pria yang akrab disapa Ahok itu pun mengungkapkan bahwa dirinya bukanlah anti Islam. Bahkan, menurutnya, sejumlah program di Ibu Kota itu dibuat untuk warga Islam.

“Saya juga bukan anti Islam. Kalian ingat dari kecil bisa lihat, bukan saya mau ria (sombong) ya, sekolah-sekolah Islam kami bantu izin berapa banyak, termasuk KJP untuk madrasah. Termasuk kami bangun masjid. Kamu lihat tindak tanduk saya, ada enggak ingin musuhin Islam? Ada enggak melecehkan Alquran?” kata Ahok.

Dilansir dari okezone, Ahok berharap penyataannya yang sempat menjadi viral di media sosial tersebut tidak lagi diperbincangkan. Ia juga meminta kepada semua kalangan untuk tidak lagi membahas isu Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan (SARA) dalam Pilgub DKI Jakarta.

“Ya sudah, sekarang kita tidak perlu lanjutkan komentar saya ini. Saya minta media dan semua pihak untuk tidak melanjutkan ini. Repot gaduh karena saya, saya mohon maaf,” katanya lagi.

Orang nomor satu di Ibu Kota itu mengakui bahwa dirinya telah disurati Majelis Ulama Indonesia. Dalam surat tersebut, Ahok menjelaskan dirinya diminta untuk fokus kepada kemaslahatan umat.

Sebelumnya, ucapan Ahok yang dianggap banyak pihak menyinggung isi Al Quran terjadi saat ia melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Saat itu, ia menyatakan dirinya tidak memaksa warga Kepulauan Seribu untuk memilih dirinya pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Pernyataannya itu disertai ucapannya yang mengutip bunyi surat Al-Maidah ayat 51. Menurut Ahok, ucapannya itu murni tafsiran pribadinya. (okz/ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda