Calon ‘Pahlawan Macet’ Ibu Kota, Berapa Tarif MRT Jakarta?
MRT Jakarta @Beritagar

MALANGTODAY.NETMass Rapid Transit (MRT) Jakarta dalam sepekan terakhir ini ramai diperbincangkan. Moda transsportasi ini diharapkan mampu menjadi jawaban atas permasalahan kemacetan yang selalu mendera ibu kota. Beberapa pihak juga mengkaitkan keberadaannya dalam konteks politis. Pertanyaannya, berapa tarif yang dibebankan pada pengguna MRT ini nantinya?

Dilansir dari DetikNews, Kamis (21/3/2019), DPRD DKI Jakarta baru merencanakan rapat untuk menetapkan tarif MRT Jakarta pada 25 Maret 2019 mendatang dalam rapat pimpinan gabungan (Rapimgab). Sebelumnya, Komisi B dan C yang membawahi ini telah merapatkan soal tarif yang akan dilaporkan pada Rapimgab mendatang.

“Rencananya Senin ini rapat. Terakhir ini kan dibahas di Komisi B dan C. Nanti dari Komisi B dan C lapor di Rapimgab, nanti kita tunggu hasil dari Komisi B dan C,” kata Sekretaris DPRD DKI, M. Yuliadi.

Sementara itu, Ketua Komisi B, Abdurrahman Suhaimi, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pembahasan rekomendasi mengenai harga tarif MRT Jakarta. Rekomendasi ini yang nantinya akan menjadi acuan dalam Rapimgab penentuan tarif.

“Jadi hasil rapat Komisi baik B dan C itu adalah hasilnya rekomendasi. Rekomendasi itu menjadi salah satu acuan untuk memutuskan itu nanti yang memutuskan di rapimgab itu. Keputusannya nanti di Rapimgab, di Komisi B bukan memutuskan merekomendasikan, bisa jadi rekomendasi Komisi B dan C beda,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Ini Bocoran Tarifnya!

Meski demikian, Suhaimi tak segan memberikan bocoran tarif MRT Jakarta yang akan beroperasi pada April 2019 mendatang. Menurutnya, warga ibu kota bisa menikmati moda transportasi itu dengan cuma-cuma alias gratis.

“Kita (rekomendasi) gratis, gratis sampai akhir tahun. Pada prinsipnya kita setuju dengan perhitungan Pemprov DKI. Pemprov hitungan dengan bersubsidi itu Rp 10 ribu sampai Rp 6 ribu tapi rekomendasi kita itu diperlakukan untuk nanti di 2020, khusus untuk warga DKI,” tambahnya.

MRT Fase I dan groundbreaking MRT Fase II rencananya akan diresmikan pada 24 April 2019. Sementara, moda transportasinya sudah bisa beroperasi pada 1 April 2019. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.