JawaPos.com – Tidak salah jika Indonesia disebut sebagai negara adidaya di bidang kebudayaan. Kali ini, Indonesia kembali berhasil memukau publik Brasil dengan pertunjukan Tari Pendet yang didapuk menjadi penampilan pembuka pameran seni dan budaya yang diikuti oleh 15 negara Asia di Rio de Janeiro, Brasil, pada 10 Oktober 2019 lalu.

Tari Pendet yang merupakan tari selamat datang untuk menyambut tamu ini ditampilkan oleh staf KBRI Brasilia di hadapan para tamu undangan yang berasal dari kalangan budayawan, akademisi, pejabat diplomatik, dan pejabat pemerintah Brasil. Tari Pendet adalah jawaban KBRI Brasilia atas minat dan rasa ingin tahu masyarakat Brasil yang tinggi terhadap budaya Indonesia, terutama kebudayaan Bali.

Tidak hanya menjadi bintang pada acara pembukaan pameran, KBRI Brasilia juga mendirikan booth Indonesia yang menyuguhkan pameran kolase foto-foto kekayaan alam, budaya, dan sejarah Indonesia. Tidak ketinggalan, benda-benda kebudayaan seperti baju adat, alat musik, dan seni ukir tradisional yang berasal dari Papua, Kalimantan, Jawa, dan Bali juga ikut dipamerkan. Sajian di booth Indonesia tersebut berhasil membuat pengunjung betah untuk berhenti berlama-lama dan bertanya lebih lanjut mengenai Indonesia.

Workshop Tari Bali secara gratis bagi para pengunjung pameran (KBRI Brasil)

Memanfaatkan antusiasime pengunjung, pada hari pertama pameran pada 11 Oktober 2019, KBRI Brasilia juga menyelenggarakan workshop tari Bali secara gratis bagi para pengunjung pameran. Workshop yang berlangsung selama satu jam tersebut diikuti secara antusias oleh kurang lebih 50 orang peserta.

Partisipasi KBRI Brasilia pada pameran yang berlangsung selama 45 hari dari tanggal 11 Oktober 2019 hingga 24 November 2019 mendatang tersebut merupakan salah satu upaya jemput bola KBRI Brasilia untuk memperkuat promosi kekayaan budaya dan daya tarik pariwisata Indonesia di Brasil. Meskipun tidak lagi menjadi ibu kota negara, Rio de Janeiro masih menjadi “ibu kota” sektor kebudayaan di Brasil.

Booth Indonesia yang menyuguhkan pameran kolase foto-foto kekayaan alam, budaya, dan sejarah Indonesia (KBRI Brasil)

Partisipasi aktif KBRI Brasilia pada acara-acara pameran seni dan kebudayaan di Brasil ini bukan tanpa alasan. Sebagai negara dengan GDP terbesar ke-10 dunia, Brasil merupakan pasar potensial untuk memasarkan daya tarik wisata Indonesia. Melalui promosi seni dan budaya secara terus-menerus, KBRI Brasilia berharap dapat mendorong peningkatan jumlah wisatawan Brasil yang berlibur ke Indonesia.

“Kekayaan budaya Indonesia adalah modal penting untuk memajukan bangsa di segala bidang, termasuk di bidang pariwisata. Keindahan budaya Indonesia merupakan daya tarik bagi wisatawan yang perlu untuk terus dipromosikan. Oleh karena itu KBRI Brasilia terus meningkatkan upaya promosi budaya kepada publik Brasil,” sebut Dubes Edy Yusup ketika menjelaskan arti penting partisipasi KBRI Brasilia di berbagai pameran budaya di Brasil.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.