Tak Tanggung-tanggung! 40 Kasus Pencurian Melibatkan Anak-anak Terjadi di Pulau Ini
ilustrasi kasus pencurian melibatkan anak @MalangTODAY/permatapelangi

MALANGTODAY.NET – Tak tanggung-tanggung, di wilayah hukum Polres Biak telah terjadi lebih dari 40 kasus tindak pidana pencurian yang melibatkan anak.

Kapolres Biak, AKBP Hadi Wahyudi mengatakan, ada peningkatan kasus pencurian melibatkan anak dibanding tahun 2016 yang ditangani Polres Biak.

“Pada triwulan 2016 sebanyak 23 kasus pencurian tetapi di 2017 naik menjadi 40 kasus tindak pidana pencurian,” ujarnya, Rabu (29/3).

Ia menjelaskan adanya peningkatan kasus ini harus menjadi perhatian orang tua untuk meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas anak di lingkungan setempat.

Hadi menyebut, untuk penanganan kasus tindak pidana melibatkan anak-anak maka pihaknya tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk proses hukum yang diambil kepada anak tersebut.

Sebagai contoh penanganan kasus tindak pidana melibatkan anak di bawah umur, menurut AKBP Hadi, penyidik Polres harus memanggil orang tua dan memberikan anak membuat pernyataan tertulis.

“Jika kasus tindak pidana penurian melibatkan anak maka proses hukumnya dilakukan mengacu peraturan yang berlaku,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengakui prihatin adanya peningkatan kasus tindak pidana pencurian yang melibatkan anak tersebut.

Ia mengatakan, dari pengalamannya menangani kasus tindak pidana anak harus dilakukan pendekatan secara psikologis dan keagamaan sehingga dapat menyadarkan anak telah berbuat kesalahan.

Kapolda Irjen Paulus mengatakan, dengan tindakan hukum yang tepat maka memberikan efek jera dan edukasi terhadap anak agar tak lagi berbuat tindak pidana.

“Peran orang tua untuk mengawasi perilaku anak di lingkungan keluarga sangat penting karena ini bisa mencegah perbuatan pidana oleh anak,” jawabnya. Demikian dilansir dari Antara.(zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.