Tak Kunjung Sembuh, Korban Petasan Meriam Kembali Dirawat
Ilustrasi bocah bermain petasan @ Liputan6

MALANGTODAY.NET – Rizky Putra Pratama (9), siswa kelas 4 SD yang menjadi korban permainan petasan meriam berbahan spiritus sehingga terbakar sekujur tubuhnya pada Juli 2016 lalu, kembali menjalani perawatan karena luka bakar tubuhnya tidak kunjung sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur, dr Evi Darwati, di Lampung Timur, Kamis, membenarkan Rizky kembali menjalani perawatan di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Sukadana akibat luka bakarnya itu.

“Tapi saat ini Rizky sudah berada di rumah lagi, setelah menjalani perawatan. Kini Rizky mendapat perawatan dan pengawasan lanjutan oleh petugas Puskesmas Way Jepara,” kata Evi.

Evi menjelaskan kondisi Rizky saat ini masih dalam taraf penyembuhan, dan sebagian besar luka bakar dialami Rizky berangsur sembuh dan menjadi kulit normal. “Penanganan yang diberikan saat ini telah sesuai dengan standard operating procedure pengobatan dan perawatan luka bakar. Sekarang Rizky sudah dapat beraktivitas seperti berjalan dan melakukan kegiatan lainnya di dalam rumah,” kata dia lagi.

Menurut dia, lama proses penyembuhan luka Rizky disebabkan karena luka bakar yang dalam, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menumbuhkan kulit yang baru.

Dr Evi mengatakan proses pengobatan Rizky menggunakan kartu BPJS Kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

Dia menyatakan Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim juga telah memberikan perhatian terhadap Rizky dengan mengunjunginya sebanyak dua kali, yakni pada dua hari saat Rizky masuk rumah sakit dan yang terakhir sekitar lima bulan lalu.

Rizky Putra Pratama (9) siswa kelas 4 SD adalah korban permainan petasan meriam berbahan spiritus. Rizky terbakar sekujur tubuhnya akibat petasan ini. Rizky harus dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Sukadana, Kabupaten Lampung Timur pada Juli 2016 lalu dengan bantuan pemkab setempat.

Kejadiannya berawal saat korban bermain petasan meriam bersama teman-temannya pada Jumat (1/7/2016). Saat itu, spiritus yang digunakan temannya mengenai tubuh Rizky, sehingga api menyambar ke sekujur tubuhnya. Rizky sempat tak mendapatkan perawatan akibat kondisi ekonomi orang tuanya.

Rizky yang tinggal di Dusun Kuningan, Desa Braja Asri, Kecamatan Way Jepara terus mengerang kesakitan akibat luka bakar yang dideritanya.

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim saat itu sempat mengunjungi Rizky ketika dirawat di RSUD Sukadana, Senin (11/7-2016).

Dia menegaskan Pemkab Lampung Timur akan berupaya agar bocah itu segera sembuh. Rizky pun waktu itu kondisinya sudah mulai membaik setelah dirawat di RSUD Sukadana.

Rizky sudah bisa diajak berbicara dan mulai makan makanan kesukaannya, setelah mendapatkan perawatan dan menjalani operasi kulit pada Selasa (12/7-2016) untuk menghilangkan infeksi di kulitnya.

Rizky juga ditangani oleh dokter spesialis penyakit kulit. Namun belakangan Rizky dikabarkan kembali sakit, diduga karena perawatan yang dijalani selama di rumah tidak maksimal.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.