Tahun Depan, 500 Guru Besar Asing Didatangkan Ke Indonesia
MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET – Guna meningkatkan taraf pendidikan Indonesia dalam kancah internasional, tahun depan Indonesia bakal mendatangkan para guru besar asing. Rencananya, tidak kurang dari 500 guru besar dari luar negeri yang akan diundang melakukan riset sekaligus membimbing mahasiswa program doktor.

“Jadi kita akan memiliki mahasiswa kelas dunia,” ungkap  Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir.

Menurut Nasir, saat ini telah dilakukan proses pendataan untuk mendatangkan para guru besar asing. Para guru besar itu akan bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk kepentingan riset. Selain itu, mereka juga akan memberi bimbingan bagi setiap mahasiswa program doktor.

Sementara ketika disinggung terkait dana yang akan digelontorkan, ia menyebut akan didapat dari berbagai pihak. Salah satunya melalui Kementerian Keuangan yang penyalurannya sendiri dengan memanfaatkan program LPDP.

“Target kami memang 500 guru besar asing, tapi masih akan disesuaikan dengan anggran yang akan diberikan,” tambah Nasir.

Menurutnya, kriteria kampus yang akan mendapat suntikan guru besar asing ini sangat dipertimbangkan. Nantinya akan dibuat sebuah kontrak yang akan mengatur jumlah doktor yang harus mereka luluskan, dan total jurnal internasional yang juga harus dipublikasikan.

“Sekarang masih kami atur semua, dan untuk guru besar yang akan masuk ke Indonesia juga tidak mudah. Kami akan melihat track recordnya juga,” pungkasnya. (ind).

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda