Ilustrasi Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto @Kumparan

MALANGTODAY.NET – Kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sepertinya menarik minat lembaga survei asing. Baru-baru ini, Lembaga Survei asal Australia, Roy Morgan, merilis data terkait elektabilitas calon presiden (capres). Dalam data tersebut, petahana Joko Widodo diprediksi akan kembali menang atas oposisi Prabowo Subianto dengan presentase 58:42 persen.

Dilansir dari CNN Indonesia, Senin (4/3/2019), Roy Morgan merilis data melalui hasil surmvei yang dihimpun pada 2018 lalu. Keunggulan Jokowi atas Prabowo disebabkan dengan adanya peningkatan signifikan di kategori pemilih segmen perempuan dan masyarakat pedesaan. Kedua poin itu ditopang oleh kinerja ekonomi semasa memimpin.

“Survei Roy Morgan menunjukkan bahwa Indonesia akan kembali memilih inkumben Jokowi untuk menjabat di periode keduanya sebagai Presiden. Jokowi mendapat dukungan 58 persen dari pemilih pada Januari, atau naik 5 persen dari (raihan suara) pada Pilpres 2014, dan kompetitornya, Prabowo, hanya mendapat dukungan 42 persen, atau turun 5 persen (dari Pilpres 2014),” tutur CEO Roy Morgan, Michelle Levine.

Dari angka tersebut, Prabowo ternyata berhasil memperkecil jarak lewat kategori perkotaan. Ketua Umum Partai Gerindra itu mendulang banyak dukungan dari Jawa Barat dan Jakarta, serta beberapa provinsi seperti Banten dan provinsi di bagian selatan Sumatra.

Levine menjelaskan bahwa keunggulan Jokowi disebabkan keberhasilannya mengembangkan sektor ekonomi. Tercatat, Indonesia di bawah kepemimpinannya kembali menjadi negar G20 dengan kinerja ekonomi terbaik kedua di dunia. Tak hanya itu, pertumbuhan ekonominya rata-rata mencapai 5 persen sepanjang 2014 – 2019.

“Kinerja ekonomi Indonesia yang kuat dalam lima tahun pemerintahan Jokowi dan kepercayaan diri yang luar biasa yang diungkapkan oleh masyarakat Indonesia selama lima tahun terakhir jelas mengindikasikan kesuksesan kepemimpinan politik Jokowi dalam menghadapi Pilpres 2019 pada April.

Selain Roy Morgan, Jokowi juga mencatatkan keunggulan atas Prabowo di hasil survei dalam negeri seperti LSI Denny JA dan Charta Politika Indonesia. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.