10 Ribu Lebih Surat Suara di Jombang Rusak, Andi Arief Benar?
Apakah Andi Arief benar? @PojokSatu

MALANGTODAY.NET – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 bergulir, Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Jombang, Jawa Timur, menemukan ribuan surat suara mengalami kerusakan. Mengingat sebelumnya politikus Partai Demokrat Andi Arief pernah berujar bahwa ada tujuh kontainer surat suara yang rumornya sudah tercoblos. Apakah pernyataan Andi mulai terlihat benar?

Dilansir dari Kompas, Rabu (13/3/2019), sekretariat KPU Jombang menemukan sekitar 10.543 lembar surat suara untuk Pemilu rusak saat sedang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Sejauh ini, beberapa kerusakan yang didapat seperti adanya bercak tinta, robek, ataupun ada bagian yang berlubang.

Baca Juga  Bukan Jebakan, Ini Penjelasan Polri Soal Penangkapan Andi Arief

Rinciannya, sebanyak 5.828 lembar untuk DPRD Kabupaten Jombang, 3.418 lembar untuk DPRD Provinsi Jawa Timur, serta 1.287 lembar untuk presiden. Adapun untuk DPR RI, KPU Jombang masih melakukan penyortiran. Sementara itu, surat suara untuk DPD masih belum diterima.

“Surat suara yang belum datang, untuk pemilihan DPD,” kata Sekretaris KPU Jombang, Hanif Purwanto.

Saat ini, pihak KPU Jombang tengah mengajukan penggantian surat suara yang rusak itu. Rencananya, akan ada pengajuan lain terkait surat suara yang kurang setelah selesai melakukan penyortiran dan pelipatan.

Baca Juga  Cuitannya Soal Surat Suara Hebohkan Publik, Andi Arief Lakukan Ini

Berdasarkan data pemilih tetap (DPT) yang telah dihimpun, dibutuhkan surat suara sebanyak 1.023.910 lembar. Jumlah tersebut diperuntukkan pada masing-masing pemilihan, baik presiden hingga legislatif.

Sebelumnya, terjadi kerusakan serupa di Sukabumi sebagaimana diberitakan Tempo, Jumat (8/3/2019). Apakah pernyataan Andi Arief memang benar adanya atau bagaimana? Tunggu saja kabar selanjutnya. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.