Gempa Meksiko Sebabkan Lima Tewas dan Picu Tsunami Kecil
Ilustrasi @Istimewa

MALANGTODAY.NET  – Dua kali gempa bumi mengguncang Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Kamis (11/05), gempa pertama terjadi pukul 05.03 WIT berkekuatan 2,7 skala Richter dengan kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sorong Andri W Bidang mengatakan, pusat gempa bumi tersebut 189 km tenggara Kota Sorong, namun tidak menimbulkan kerusakan.

Dia mengatakan, gempa pertama berada pada koordinat 1.31 derajat Lintang Selatan dan 132.26 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 km.

“Gempa susulan terjadi pukul 11.10 WIT berkekuatan 3,1 skala Richter yang berada 8 km barat daya Kota Sorong,” ujarnya lagi.

Gempa itu, katanya, terletak pada koordinat 0.91 derajat Lintang Selatan dan 131.19 derajat bujur timur dengan kedalaman 18 km.

Penjalaran getaran gempa dirasakan warga wilayah Kota Sorong. Warga yang berada dalam gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Menurut dia, ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

“Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena di daratan dan kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan pada dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami,” pungkasnya

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here