Sopir Truk Ngantuk Tabrak Tuas Pintu Perlintasan Kereta Api
Ilustrasi @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Sebuah truk bernomor seri B-9497-SDB menabrak tuas pintu perlintasan kereta api nomor 454 timur Stasiun Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sang pengemudi truk, Alan Abraham Arpipi diduga tengah mengantuk sehingga menyebabkan insiden tersebut terjadi.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, peristiwa itu terjadi pada pukul 14.30 WIB akibat sopir truk mengantuk,” kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko di Purwokerto kepada Antara, Jumat (31/).

Hendriwintoko mengatakan bahwa, truk yang datang dari arah utara itu menabrak besi pengaman dan tuas pintu perlintasan di sebelah kiri jalan.

Menurut Hendriwintoko, pasca mengetahui insiden tersebut, Kepala Peleton Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) Pengamanan Jalur KA Kawan S dan sekuriti Stasiun Jeruklegi segera mendatangi lokasi.

Selain itu, Kepala Stasiun Jerulegi berkoordinasi dengan Kepolisian Sektor Jerulegi, Unit Jalan Rel dan Jembatan PT KAI Daop 5 Purwokerto, serta Unit Sinyal Telekomunikasi PT KAI Daop 5 Purwokerto terkait penanganan kejadian itu.

“Sementara truk ditahan untuk mempertanggung jawab kerusakan,” katanya.

Kendati saat kejadian tidak ada kereta yang melintas sehingga pintu perlintasan dalam posisi terbuka, dia mengatakan bahwa tabrakan tersebut mengakibatkan kerusakan pada tuas pengungkit pintu perlintasan.

Dengan demikian, kata dia, pintu perlintasan sebelah utara tidak dapat digunakan sehingga harus dilakukan penutupan secara manual ketika ada KA yang akan melintas.

Terkait dengan hal itu, dia mengimbau seluruh pengguna jalan untuk berhati-hati ketika akan melintas di perlintasan KA sebelah timur Stasiun Jeruklegi karena pintu perlintasannya mengalami kerusakan akibat ditabrak truk.

“Kami berencana menuntut ganti rugi kepada pengemudi truk atas kerusakan pintu perlintasan yang dia tabrak. Saat ini, Unit Sinyal Telekomunikasi masih menghitung kerugian yang timbul akibat kejadian itu,” pungkasnya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.