Wali Kota Malang berkunjung ke SDN Kauman 1 di hari pertama masuk sekolah

KOTA MALANG – Pendidikan karakter kini menjadi hal utama yang ditekanan pendidik untuk peserta didik. Banyak hal terkait masalah tindak tanduk peserta didik menjadi pelajaran utama para peserta didik di samping pelajaran di kelas seperti matematika atau bahasa Inggris.

Untuk itu, Wali Kota Malang, Sutiaji dalam kunjungannya ke hari pertama sekolah di SDN Kauman 1 Malang sengaja memberi tahu para peserta didik sekaligus pendidik dan orang tua bagaimana tata cara salim yang benar. “Banyak yang salim itu ditaruh di pipinya atau maaf dikeningnya,” tutur politikus Demokrat .

Selanjutnya, ia menambahkan, salim yang benar adalah peserta didik mencium tangan pendidik atau orang tuanya. “Itu dicium yang benar kan ada hadistnya kalau mau mendapat berkah, cium tangan kedua orangtuamu,” ujarnya.

Namun, kata Sutiaji, kesalahan tersebut bukan sepenuhnya salah peserta didik. Kadang, juga salah pendidik atau orang tuanya.

“Kadang ada pembiaran. Kadang juga ngapunten tangannya belum cuci tangan. Jadi siswa menghindar untuk mencium tangan itu,” kata alumni UIN Malang disertai tawa para wali murid.

Untuk itu, Sutiaji menyarankan, agar setiap wali murid ataupun orang tua agar selalu memberikan contoh yang benar dari cara mendidik hal kecil tersebut. “Ya ini salah satu tindakan untuk Pendidikan Karakter ini,” ujarnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Bob Bimantara Leander

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.