Setelah Kahiyang Ayu Siregar, Giliran Jokowi Dapat Usulan Marga
Kahiyang Ayu resmi mendapatkan marga Siregar @ rappler.com

MALANGTODAY.NET – Kahiyang Ayu resmi berganti nama menjadi Kahiyang Ayu Siregar pada Selasa (21/11). Setelah putrinya, giliran Jokowi diusulkan untuk mendapatkan marga.

Dilansir dari republika.co.id, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, yang mewakili keluarga Bobby Nasution, membenarkan munculnya wacana ini.

Usulan ini muncul saat sidang adat yang gelar di kediaman paman Bobby, Doli Sinomba Siregar, di Jalan Suka Tangkas, Medan Johor.

“Tadi ada dari marga lain yang mengusulkan Pak Jokowi diberikan marga juga,” ungkapnya.

Ia mengaku tidak keberatan dengan pemberian marga untuk Jokowi, namun tidak di laksanakan pada hari itu juga.

“Kita itu datang tadi kan acaranya meminta marga buat Kahiyang. Kami setuju saja, senang saja. Tapi masa dengan acara seperti ini memberi marga kepada Pak Jokowi. Maunya cari waktu yang lain,” timpalnya lagi.

Menurutnya, dalam adat acara, yang ingin meminta marga lah yang harus datang dan mengadakan upacara mangalehan marga.

Sebelum menjadi Kahiyang Ayu Siregar, putri semata wayang Presiden Jokowi itu menjalani serangkaian proses permintaan marga atau mangalehan marga.

Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB. Pasangan pengantin baru itu diiringi oleh 50 orang kerabat dari Solo, Jawa Tengah yang juga membawa oleh-oleh mirip seserahan seperti kue wajik, kue itak, nasi sampai gulai ayam.

Keduanya pun dipandu menemui raja-raja adat yang sudah berkumpul di dalam rumah. Hadir pula Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi sebagai Ketua Raja Parlindungan, Wali Kota Medan T Dzulmi Edin, dan sejumlah tokoh lainnya.

Setelah rombongan tiba, raja-raja adat Mandailing yang mewakili semua marga yaitu Siregar, Nasution, Lubis, Harahap, Dalimunthe, Ritonga, dan Hasibuan, menggelar diskusi dengan pihak yang memiliki hajatan yaitu Suhut (dalam hal ini keluarga Siregar).

Setelah Kahiyang Ayu Siregar, Giliran Jokowi Dapat Usulan Marga
Proses diskusi pemberian marga oleh raja adat @ rappler.com

Pada prosesi diskusi inilah, juga disampaikan bahwa ada keluarga besar Nasution yang meminta marga.

Doli Siregar mengusulkan untuk memberi marga Siregar kepada Kahiyang Ayu. Ia juga mengatakan kepada Kahiyang untuk tidak sungkan mengenakan nama barunya itu.

“Jangan sungkan-sungkan memakai marga yang kini menjadi Kahiyang Ayu Siregar setelah ditabalkan,” jelas Doli seperti yang dikutip dari merdeka.com, Selasa (21/11).

Prosesi selanjutnya adalah upah-upah. Adik dari Gibran Rakabuming Raka itu di upah-upah dengan kepala kerbau, nasi dan daging kerbau, serta keris atau sahat mahara. Kepala kerbau merupakan upah-upah paling tertinggi.

Setelah Kahiyang Ayu Siregar, Giliran Jokowi Dapat Usulan Marga
Proses upah-upah dengan suap menyuap @ rappler.com

“Kepala kerbau ini simbol kemakmuran,” papar Latifah Hanim, kerabat Doli.

Sementara keris atau sahat mahara yang dibalut dengan kain kuning, memiliki makna sebagai perisai bagi Kahiyang. Keris itu diberikan setelah istri Bobby Nasution tersebut resmi mendapatkan marga.

Sebelum pulang, wanita yang akrab disapa Ayang ini diberikan abit Batak (ulos), lalu dilanjut dengan prosesi menari manortor para raja yang diikuti kedua pasangan pengantin tersebut.

Ayang mendapatkan marga karena Bobby Nasution, sang suami, mempersunting gadis di luar suku Mandailing. Wanita kelahiran 1991 itu mendapat marga Siregar, sesuai dengan nama ibu mertuanya, Ade Hanifah Siregar. (Ans)