Sembilan Pendaki yang Hilang di Gunung Kelud Berhasil Ditemukan
Sembilan pendaki Gunung Kelud sempat foto bersama, sebelum melakukan pendakian. (ist)

MALANGTODAY.NET – Sembilan pendaki yang terjebak di kawasan puncak Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur, Senin (6/11/2017), berhasil ditemukan oleh tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kediri (BPBD), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas),  aparat TNI dan Polri serta sejumlah relawan.

Kesembilan pendaki tersebut ditemukan dalam keadaan selamat. Mereka berhasil ditemukan sekira pukul 01.30 WIB di sekitar bukit Gajah Mungkur dan berhhasil dibawa turun pada  sekira pukul 05.00 WIB karena medan yang cukup ekstrem serta cuaca yang tidak mendukung.

“Para pendaki berhasil ditemukan di puncak Gunung Kelud. Mereka dibawa turun lewat Kediri karena jaraknya yang lebih dekat,” kata Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randy Agata seperti dilansir dari okezone, Selasa (7/11/2017) pagi.

Menurut Randy, sembilan pendaki ditemukan dalam keadaan lemas. Ia mengungkapkan sepertinya sembilan orang tersebut  tidak berpengalaman dalam pendakian. “Semuanya selamat, tapi kondisi drop. Ini karena cuaca yang cukup ekstrem dan mereka sepertinya tidak berpengalaman dalam pendakian,” ujarnya.

Ia juga tidak mengetahui pasti motivasi sembilan orang pendaki itu nekat untuk ke puncak Gunung Kelud, padahal cuaca saat ini ekstrem, hujan turun cukup deras sehingga jalan menjadi licin dan sangat berbahaya. Para pendaki itu menuju ke Puncak Gunung Kelud melewati jalur tak resmi.

Untuk diketahui, aktivitas pendakian di Gunung Kelud saat ini tidak diizinkan lantaran cuaca ekstrem yang mengakibatkan jalan menjadi licin yang dapat membahayakan jiwa pendaki.

“Kalau dari Kediri, saat ini pendakian dilarang. Jadi, kami harapkan warga jangan nekat mendaki. Kondisi geografisnya ekstrem dan berbahaya. Tapi, yang para pendaki itu (sembilan pendaki terjebak) mereka naiknya dari Blitar. Jadi, kami juga hanya bisa membantu melakukan pencarian,” katanya.

Loading...